PENA KHATULISTIWA
Juni 16, 2021, 16:47 WIB
Last Updated 2021-06-16T09:47:04Z
BeritaKalbarNasionalPemdaSekadau

Kekuatan Netizen, UPJJ Segera Tangani Kerusakan Jembatan Sungai Merah

Advertisement

UPJJ akan segera menangani kerusakan jalan di Jembatan Sungai Merah

PENA KHATULISTIWA (SEKADAU) - Keluhan pengguna jalan tentang lubang maut di jembatan Sungai Merah, Desa Bokak Sebumbun, Kecamatan Sekadau Hilir langsung ditanggapi oleh pihak terkait.


Farret, PPK UPJJ Sanggau-Sekadau-Tebelian berterimakasih atas informasi yang disampaikan warga.


"Segera kita cek jembatan apa dan nanti segera akan ada penanganan. Rencana lobang di jembagan akan kita tutup dengan sambungan siar muai tipe asphlatic plug," kata Farret (16/6) sore.



Diberitakan sebelumnya, pengendara kendaraan bermotor mengeluhkan kondisi jalan di jalan Sekadau-Sintang, tepatnya di jembatan Sungai Merah sebelum Ensibau, Desa Bokak Sebumbun Kecamatan Sekadau Hilir.


Sebab, di tengah-tengah jembatan tersebut terdapat lubang yang cukup dalam dan panjang.


Sudah cukup banyak pengendara yang terjebak lubang tersebut hingga terjatuh dari kendaraan. 


"Tadi kata warga disini ada orang jatuh disitu pakai motor. Syukur tidak luka parah. Kebanyakan mereka yang tidak hafal jalan atau jarang lewat sini," kata Arifin, salah satu pemotor yang lewat di lokasi (16/6) siang.


Arifin berharap kerusakan tersebut segera ditangani sebelum memakan korban lebih banyak.


Pantauan di lapangan pada Rabu (16/6) sore, sudah dipasangi rambu lalu lintas berupa traffic cone di jembatan tersebut.


Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Sekadau, Akhmad Suryadi menjelaskan ruas jalan tersebut berstatus jalan nasional. Sehingga, Pemda tidak memiliki kewenangan untuk melakukan perbaikan.


Namun demikian, pihaknya sudah mengusulkan kepada unit pemeliharaan jalan dan jembatan wilayah Sanggau-Sekadau-Tebelian agar kerusakan yang bersifat urgent diprioritaskan.


"Tempo hari juga sudah kami sampaikan. Termasuk di persimpangan Jalan Kerama, box culvert di dekat Masjid Agung dan di jembatan Sungai Merah ini juga. Supaya yang mendesak ditangani lebih cepat," jelas Akhmad.*


BGP