November 16, 2023, 19:00 WIB
Last Updated 2023-11-16T12:00:51Z
Pemda

Aron Sebut Kader Posyandu Miliki Peran Penting Atasi Stunting

Advertisement

Aron pukul Gong tanda dibuka Jambore Kader Posyandu 

 Penakhatulistiwa.id (Sekadau) - Pembukaan Jambore Kader Posyandu Tingkat Kabupaten Sekadau, Bertempat di Gedung Kateketik Sekadau Jalan Merdeka Selatan pada hari Rabu, 15 November 2023.


Kegiatan Jambore ini berlangsung selama 3 hari (15-17/ 2023). Sebagai Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju bertema: "Menciptakan kadar yang berkompeten dan berperan aktif mewujudkan desa sehat menuju masyarakat Sekadau yang maju, sejahtera dan bermartabat".


Sebanyak 48 orang kader ikut Jambore. Bupati Sekadau, Aron, S.H memberikan pengarahan serta membuka jambore dengan pemukulan gong. 


Dirinya sangat apresiasi semua kader posyandu karena telah bekerja keras memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di wilayah kerja posyandunya.


Terkait stunting, persentase stunting Kabupaten Sekadau turun, semua ini atas perjuangan, kegigihan dan kekompakan kita bersama. hari ini bisa mencapai diangka 17 persen dari 35 persen.


Saya berharap kader-kader yang mendapat pembinaan ini bertahan. Jangan sampai ganti kepala desa, diganti pula kadernya." ingat Aron.


Lebih lanjut Aron mengatakan, karena kita membutuhkan yang paham, ini mengurus menyangkut kesehatan masyarakat.


Mulai tahun ini, jambore sebagai penghargaan kita untuk memberikan semangat kepada kader agar terus berkompetisi.


"Mustahil kita maju, berkembang kalau SDM anak-anak kita tidak mampu bersaing. Nah, tantangan masa depan anak tidak gampang, seiring berjalannya zaman."


Kita berharap setiap tahun, ada generasi penerus menjadi pejabat di pemerintahan, wakil rakyat. Selamat mengikuti jambore kepada kader ucap Bupati Sekadau.


Ketua Pelaksana juga selaku Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Sekadau, Henry Alpius mengatakan, Pemerintah daerah melalui Dinkes memberikan pelayanan kesehatan hingga tingkat dusun.


Kader posyandu ini meneruskan program kesehatan kepada masyarakat di wilayah kerja posyandunya.


Salah satu upaya peningkatan pelayanan posyandu adalah pembinaan kader posyandu.


Jambore, mampu jadi gagang utama dan ujung tombak pembangunan kesehatan di wilayah kerja posyandu.


Kepala Dinkes juga sampaikan data jumlah posyandu di Kabupaten pada tahun 2022 sebanyak 253, capai 62,5 persen keaktifan. Sedangkan tahun 2023 bertambah menjadi 263 posyandu (74,5 persen), ada 1.315 kader posyandu, rata-rata tiap posyandu 5 orang.


Kami sangat apresiasi, karena target Kemenkes RI pada angka 80 persen. Artinya Kabupaten Sekadau kurang 5% lagi untuk capai itu.


17 persen angka stunting di tahun 2023. Data ini terus kami update hingga capai 15 persen, itu harapan kita.


Kita mengharapkan peran kader, ada 150 kader sudah memiliki potensi dalam rangka melaksanakan pelayanan di posyandu dari 7 kecamatan.


Kadis berpesan kepada kades agar mempertahankan 150 kader ini. Memang tidak mudah tapi dengan pembinaan begini pasti bisa.


5 kader posyandu mendapatkan penghargaan kategori kader teladan dari gubernur Kalbar. Kader ini adalah salah satu binaan WVI, juara 3 tingkat provinsi.


Tahun ini, Pemda berkomitmen menyalurkan alat ukur untuk posyandu yang layak dan standar, dibekali dengan alat, 265 paket alat posyandu siap disalurkan.


Hadir:

Ketua TP. PKK Kabupaten Sekadau

Ketua GOW Kabupaten Sekadau 

Camat Se-Kabupaten Sekadau 

Beberapa Kades di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sekadau 

Kepala Puskesmas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sekadau.


(Tim)