Juli 28, 2023, 21:23 WIB
Last Updated 2023-07-28T14:23:33Z
Nasional

Waduh! KPK-RI Panggil Lasarus Ada Apa?

Advertisement

Ilustrasi KPK RI 

 Penakhatulistiwa.id (Jakarta)  - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI tengah melakukan penyidikan terhadap kasus dugaan korupsi di Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terkait pembangunan jalur Kereta Api di wilayah Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa- Sumatera tahun anggaran 2018-2022.



Seperti dilansir pada detik.com sebanyak 4 orang anggota DPR RI hari ini dipanggil penyidik.

Salah satunya yakni Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus. Politikus PDIP asal Sintang Kalimantan Barat itu dipanggil dalam kapasitasnya sebagai saksi.


"Pemeriksaan dilakukan di Komisi Pemberantasan Korupsi gedung Merah Putih," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan, Jumat (28/7/2023).



Selain Lasarus, tim penyidik KPK juga memanggil tiga anggota DPR lainnya. Ketiga orang itu masing-masing bernama Ridwan Bae, Hamka B Kady MS, dan Andi Iwan Darmawan.


"Yang sudah hadir sejauh ini saksi Ridwan Bae dan Andi Iwan Darmawan. Masih menjalani pemeriksaan sebagai saksi," ujar Ali.


Selain itu KPK juga memanggil anggota DPRD Sumatera Utara bernama Lokot Nasution. Lokot juga dipanggil dalam kapasitas sebagai saksi dalam kasus korupsi pemeliharan jalur kereta api tersebut.


Kasus dugaan korupsi di Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub memang tengah diusut. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi juga telah diperiksa sebagai saksi pekan ini.


Menhub mengaku kehadirannya dalam pemeriksaan pada Rabu (26/7) sebagai bentuk dukungan dalam upaya pemberantasan korupsi yang tengah dilakukan KPK di kementerian yang dipimpinnya.


"Hari ini saya telah hadir sebagai saksi dugaan korupsi dari perkeretaapian. Hal ini merupakan dukungan kami terhadap upaya-upaya mendukung dan komitmen atas turut memberantas korupsi," kata Budi Karya di gedung C1 KPK, Jakarta Selatan, Rabu (26/7).


Budi mengatakan akan bersikap koperatif dalam proses hukum yang tengah berjalan di KPK. Dia pun menyerahkan penjelasan substansi pemeriksaannya kepada pihak KPK.


"Terima kasih kepada KPK yang telah melakukan dengan konsisten dan dengan upaya ini insyaallah KPK dan kami turut serta menghilangkan korupsi di Indonesia. Hal-hal lain yang berkaitan dengan pemeriksaan tadi bisa disampaikan dengan penyidik," katanya.


(Tim)