PENA KHATULISTIWA
Maret 06, 2023, 18:19 WIB
Last Updated 2023-03-06T11:19:28Z
Rokan Hulu

Kepala Puskesmas Pendalian IV Koto lounching Chrash Polio, Ini Harapanya

Advertisement


Penakhatulistiwa.id (Rokan Hulu) - Kepala Puskesmas Pendalian IV Koto Adam Budi Martadiana,SKM lounching Chrash Polio serentak di Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Suligi Kecamatan Pendalian IV Koto Kabupaten Rokan Hulu (Rohul). Senin (6/3/2023).


Adam menyampaikan bahwa peserta wajib vaksin Polio semenjak bayi baru lahir hingga umur 59 bulan karena pada usia ini rentan dengan penyakit Polio dan dampaknya luarbiasa.


"Kita akan melaksanakan vaksin Polio secara efektif selama 10 hari kedepan di seluruh Kecamatan Pendalian IV Koto selama 7 hari kita efektif, 3 hari nanti akan kita lakukan sweeping jika diperlukan" jelas Adam.


Dia juga menambahkan bahwa program vaksin Polio dari pemerintah 5 tahun yang lalu keberhasilannya hanya sekitar 45%, jadi untuk tahun 2023 Ini kembali digalakkan.


"Chrash program imunisasi volio 

Wajib imunisasi usia 0 - 59 bulan, usia 0 sampai 4 bulan cukup vaksin tetes aja. Usia 4 bulan sampai 59 bulan mendapatkan vaksin tetes dan suntik," katanya.


Diketahui untuk sasaran vaksin Polio di Desa Suligi terdapat 339 anak. Gejala yang kelihatan dari penderita penyakit ini pasien akan mengalami demam tinggi dan bisa menimbulkan kelumpuhan,lumpuh layu.


Masyarakat Desa Suligi menyambut baik program yang dicanangkan pemerintah untuk memberikan perlindungan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan.  


(Muryono)