PENA KHATULISTIWA
Desember 23, 2022, 21:23 WIB
Last Updated 2022-12-23T14:23:20Z

Satgas Pamtas Yonif 645/GTY Karya Bhakti Pembersihan Gereja dan Bantu Buat Dekorasi Natal

Advertisement
Prajurit satgas saat membuat dekorasi hiasan di gereja


Penakhatulistiwa.id(Bengkayang) - 

Prajurit Komando Utama (KOUT) Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha 

Bantu warga masyarakat perbatasan/Jemaat melaksanakan karya bhakti Pembersihan Gereja dan pembuatan Dekorasi Natal, bertempat di Gereja St. Yohanes, Dusun Risau, Desa Jagoi, Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang.


Hal ini disampaikan Dansatgas Pamtas RI-MLY Yonif 645/Gty Letnan Kolonel Inf Hudallah, S.H. dalam keterangan tertulisnya di Markas Komando Taktis (Makotis) Gabma Entikong, Kec. Entikong Kab. Sanggau,KalimantanBarat.Rabu, 21 Desember 2022.


Dansatgas mengatakan," kegiatan karya bhakti pembersihan gereja dan pembuatan dekorasi natal tersebut dipimpin oleh Pabintal Satgas Pamtas Yonif 645/Gty Letda Inf Andi Muh Pagelipu beserta 4 (empat) orang anggota bergotong royong Bersama-sama dengan warga masyarakat perbatasan atau jemaat."Ujar Dansatgas.


Dikatakannya,"Kegiatan karya bhakti ini difokuskan kepada kebersihan dalam gereja maupun halaman gereja serta yang paling utama yaitu membuat dekorasi natal ruangan gereja tersebut.'Imbuhnya.

 

"Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian sesama antar umat beragama serta guna mempersiapkan perayaan natal tahun 2022 ini dengan meriah dan aman lancar, kemudian sekaligus untuk menjaga kebersihan lingkungan gereja agar masyarakat nyaman dan tenang dalam beribadah, sekaligus guna menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat atau para jemaat di wilayah perbatasan" Terangnya.


Selain Tugas Pokok Satgas Pamtas menurut Undang-Undang Nomor. 34 Tahun 2004 tentang TNI Mengamankan Wilayah Perbatasan, Menjaga Patok Atau Pilar Batas Negara Serta Mencegah Masuknya Barang-Barang Illegal Khususnya Narkotika, Satgas Pamtas juga melaksanakan kegiatan pembinaan teritorial (binter) kepada warga perbatasan atau jemaat yang sudah diatur dalam Peraturan Menteri Pertahanan No. 13 Tahun 2014 tentang Kebijakan Pengamanan Wilayah Perbatasan serta sesuai dengan arahan Bapak Kasad Jendral TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M. yang tertuang dalam Perintah Harian KASAD poin 5 yaitu “TNI AD harus hadir ditengah-tengah kesulitan masyarakat apapun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi." Tegasnya


"Sebagai aparat keamanan di daerah perbatasan, Pos Komando Utama (KOUT) selalu siap mendukung semua kegiatan yang dilaksanakan masyarakat apalagi hal ini dalam rangka menyambut pelaksanaan Hari Raya Natal, ini merupakan salah satu upaya kami untuk selalu dekat dengan warga masyarakat yang berada di sekitar perbatasan negara antara Kalbar Indonesia dengan Serawak Malaysia."Ujarnya.


Bapak Bernadus selaku Ketua Dewan Organisasi Gereja mewakili warga masyarakat perbatasan Desa Jagoi dan jemaat, mengucapkan terima kasih kepada anggota Pos Komando Utama (KOUT) Satgas Pamtas Yonif 645/Gty karena telah hadir membantu dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini dan kami berharap semua kegiatan nantinya dapat berjalan lancar, aman dan meriah," tutur Bernadus. 

(Pen Satgas Pamtas Yonif 645/Gty).


Reporter: Fernando M.