PENA KHATULISTIWA
Desember 24, 2022, 18:11 WIB
Last Updated 2022-12-24T11:11:17Z

Wadan Satgas Pamtas Yonif 645/Gardatama Yudha Hadiri Acara Deklarasi Desa ODF

Advertisement

 


Penakhatulistiwa.id(Bengkayang) - Wakil Komandan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Wadan Satgas Pamtas) RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha Mayor Inf Agus Dwi Prabowo menghadiri acara Deklarasi Desa ODF (Open Defecation Free)/ Stop buang air besar sembarangan, bertempat di Balai Adat Dusun Jagoi Babang, Desa Jagoi Babang, Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang.


Demikian disampaikan Komandan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha, Letnan Kolonel Inf Hudallah, S.H. dalam keterangan tertulisnya di Markas Komando Taktis (Makotis) Gabma Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Jumat, 23 Desember 2022.


Dansatgas mengatakan,"kegiatan Deklarasi Desa ODF (Open Defecation Free)/ Stop buang air besar sembarangan ini dilaksanakan di kecamatan Jagoi Babang yaitu 3 (tiga) desa, Desa Jagoi Babang, Desa Sekida dan Desa Semunying Jaya." Ujar Dansatgas.


Dikatakan Dansatgas," acara dimulai dengan sambutan dari camat jagoi babang, Kepala Dinas Kesehatan dan KB Kab. Bengkayang dan Bupati Bengkayang yang diwakili atau disampaikan oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan Bupati Bengkayang dilanjutkan pemukulan Gong tanda pembukaan acara Deklarasi ODF (Open Defecation Free)."Paparnya.


Disamping itu,selain dari  penyampaian Dansatgas, adapun dari sambutan Camat Jagoi Babang Bapak Saidin S.pt., yakni," selamat datang kepada para tamu undangan yang telah hadir, serta “Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa kita semua dapat berkumpul dalam acara Deklarasi Desa ODF (Open Defecation Free) sehingga pada kegiatan ini kita bisa melaksanakan acara ini untuk menuju keluarga sehat dan lingkungan sehat terhadap 3 (tiga) Desa di wilayah kecamatan Jagoi Babang." Imbuhnya


Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB Ibu Rosalina Nungkat, S. km, M. km. dalam sambutanya menyampaikan," ucapan selamat datang kepada seluruh undangan yang sudah hadir terkait dengan deklarasi ODF dan pada intinya kegiatan deklarasi ODF berkaitan dengan stop/tidak membuang air besar sembarangan dan itu memang harus sudah betul-betul menjadi sebuah kenyataan dan dilaksanakan oleh warga." Jelasnya


“Permasalahan jamban jangan dianggap remeh, karena dampak yang ditimbulkan sangat besar. Seperti penyakit diare, tifus, kolera dan juga dapat menimbulkan penyakit stanting yang merupakan salah satu penyebabnya adalah sanitasi yang buruk. Jika hal itu dibiarkan maka kerugian yang diterima mencapai triliunan.”


“ODF adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, karena pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan, sehingga untuk memutuskan rantai penularan harus dilakukan rekayasa pada akses ini.”


Acara dilanjutkan dengan Pembacaan ikrar Deklarasi ODF (Open Defecation Free) oleh perwakilan Desa Jagoi Babang, Desa Sekida dan Desa Semunying Jaya, kemudian Penandatanganan dan penyerahan Piagam ODF (Open Detection Free) oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan Bupati Bengkayang dan Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Bengkayang kepada perwakilan Desa Jagoi Babang, Desa Sekida dan Desa Semunying Jaya dan yang terakhir dilanjutkan Penandatanganan Ikrar dan Komitmen oleh perwakilan Desa Jagoi Babang, Desa Sekida dan Desa Semunying Jaya.


Turut hadir pada kegiatan tersebut, Bupati Bengkayang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan Bupati Bengkayang Ibu Ir. Magdalena M.M., Ketua DPRD Kabupaten Bengkayang diwakili Bapak Debit S.H., Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB Ibu Rosalina Nungkat, S.km, M. km., Kadis Sosial dan Perlindungan anak Bapak Damianus S.H., Kepala Bapeda diwakili Fungsional Perencanaan Bapak Tito A.md., Camat Jagoi Babang Bapak Saidin S.pt., Wadansatgas Pamtas Yonif 645/Gty Mayor Inf Agus Dwi Prabowo, Danramil Jagoi Babang Kapten Inf Taufik Wiramansyah, Kapolsek Jagoi Babang AKP Dhanie, Dan SSK II Satgas Pamtas Yonif 645/Gty Lettu Inf Prayudi Yusga, Kepala Desa Jagoi Babang Bapak Dedeng