PENA KHATULISTIWA
November 15, 2022, 17:24 WIB
Last Updated 2022-11-15T10:24:19Z

Hasil Binter, Seorang Warga Perbatasan Serahkan Senpi Rakitan Kepada Satgas Pamtas Yonif 645/GTY

Advertisement


Penakhatulistiwa.id(Sambas)- Berkat pembinaan teritorial (binter) dan silaturahmi yang baik kepada warga binaanya, seorang warga perbatasan serahkan 1 (satu) pucuk senjata api (senpi) rakitan jenis lantak secara sukarela kepada Personil Pos Camar Bulan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha, di Dusun Camar Bulan Desa Temajuk Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas.


Hal ini disampaikan Dansatgas Pamtas RI-MLY Yonif 645/Gty Letkol Inf Hudallah, S.H. dalam keterangan tertulisnya di Markas Komando Taktis (Makotis) Gabma Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Selasa, 15 November 2022.


Dansatgas mengatakan, bahwa Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 645/Gty selalu berupaya menjalankan tugas pokok sebaik mungkin dengan dasar ilmu pengetahuan yang telah dibekali pada saat latihan pratugas di home base serta Teritorial juga menjadi kunci sesuai kondisi wilayah binaan masing-masing."Ujar Dansatgas.


“Prajurit kita tidak memaksa akan tetapi mengarahkan dan memberikan pemahaman-pemahaman terutama mengenai hukum atau hal lain yang belum dimengerti, sehingga masyarakat mulai sadar akan kepemilikan barang-barang ilegal seperti senjata tajam maupun senjata api rakitan,” ucap Dansatgas.


Seperti halnya pada penyerahan senpi rakitan jenis lantak dari bapak berinisial SM yang diberikan kepada personil pos camar bulan ini yaitu kepada Danpos Sertu Rispan Adi Permana ini atas dasar kesukarelaan dan kesadaran masyarakat, tanpa ada unsur paksaan."Imbuhnya.


Dikarenakan personil kita sering melaksanakan anjangsana ke rumah-rumah warga binaannya dan membantu warga yang dalam kesulitan, dari situlah kunci keberhasilan melalui binter yang kami lakukan kepada warga masyarakat perbatasan khususnya yang menjadi wilayah binaan pos camar bulan."Terangnya.


Dikatakannya, Satgas Pamtas Yonif 645/GTY melaksanakan tugas pengamanan perbatasan (Pamtas) bertekad untuk memberikan yang terbaik, disamping itu juga tugas territorial tetap dijalankan kepada wilayah binaanya di perbatasan RI-Malaysia."Tutup Dansatgas.

(Pen Satgas Pamtas Yonif 645/Gardatama Yudha).


Reporter: Fernando M.