PENA KHATULISTIWA
November 11, 2022, 16:19 WIB
Last Updated 2022-11-11T09:19:53Z

Dandim 1201 : Hari Pahlawan Warisi Nilai Kejuangan dan Patriotisme Bangun NKRI

Advertisement

 


Penakhatulistiwa.id(Mempawah)- Komandan Kodim 1201/Mph Letkol Inf Daru Cahyo Alam hadiri Upacara Peringaran Hari Pahlawan yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Mempawah, Jalan Daeng Manambon, Kelurahan Tengah, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, Kamis (10/11/2022).


Upacara peringatan Hari Pahlawan tahun 2022 tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Mempawah, H. Muhammad Pagi sebagai Inspektur Upacara, Lettu Chb Agus Joko Wibowo selaku Komandan Upacara.


Di temui usai kegiatan Letkol Inf Daru Cahyo Alam mengatakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Kabupaten Mempawah berlangsung khidmat. Sedikitnya ratusan orang dari TNI/Polri, instansi pemerintah, Ormas, dan pelajar mengikuti upacara yang digelar tiap tanggal 10 November untuk mengenang sekaligus memperingati jasa-jasa pahlawan yang telah gugur demi merebut dan mempetahankan NKRI ini.


“Di bulan November ingatan kolektif bangsa akan tertuju pada keberanian, semangat pantang menyerah serta pengorbanan tanpa pamrih para pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Para syuhada bangsa tersebut telah mewariskan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdiri kokoh sampai saat ini dan untuk selamanya,” ucap Letkol Inf Daru Cahyo Alam.


Ia juga menambahkan Peringatan Hari Pahlawan bukan semata-mata sebuah acara namun penuh sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi namun substansi. Setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.


“Hal ini penting karena nilai kepahlawanan bukan bersifat statis namun dinamis, bisa menguat bahkan dapat melemah. Untuk itu, kiranya seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai kejuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa Indonesia,” lanjut Letkol Inf Daru Cahyo Alam.(Pendim 1201).


Reporter: Fernando M.