PENA KHATULISTIWA
Oktober 23, 2022, 17:56 WIB
Last Updated 2022-10-23T10:56:02Z
Info Perbatasan

Satgas Pamtas Yonif 645/GTY Bersama Warga Karya Bakti di Rumah Adat Kampung Budaya Jagoi Babang

Advertisement


 Penakhatulistiwa.id(Bengkayang) Dalam rangka menyambut Hari Jadi Kampung Budaya, Bung Kapuak Jagoi Babang Ke-182 Tahun 2022, Personil Pos Komando Utama (Kout) dan Pos Koki Jagoi Babang Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha bersama warga perbatasan melakukan Karya Bakti pembersihan di sekitar Rumah Adat Kampung Budaya Bung Kupuak, Dusun Jagoi Babang, Desa Jagoi Babang, Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang.


Hal ini disampaikan Dansatgas Pamtas RI-MLY Yonif 645/Gty Letkol Inf Hudallah, S.H. dalam keterangan tertulisnya di Markas Komando Taktis (Makotis) Gabma Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Minggu 23 Oktober 2022.


Dansatgas mengatakan," kegiatan karya bakti pembersihan sekitar Rumah Adat Kampung Budaya Bung Kupuak ini dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan Hari Jadi Kampung Budaya, Bung Kapuak Jagoi Babang Ke-182 Tahun 2022, selain itu juga untuk mewujudkan kemanunggalan TNI dan Rakyat. Ujar Dansatgas."


Kemudian,"Bung Kapuak merupakan kampung adat tua suku Dayak Bidayuh yang ada di Jagoi Babang kabupaten Bengkayang, yang merupakan salah satu kecamatan di Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan Malaysia dan Bung Kapuak juga berhasil mendapat penghargaan sebagai ‘Kampung Adat Terpopuler di Indonesia’ oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Imbuhnya."


Dansatgas menambahkan,"kegiatan karya bakti berupa pembersihan ini dilakukan oleh 11 (sebelas) orang personel Pos Komando Utama (Kout) dan Pos Koki Jagoi Babang dipimpin oleh Dan SSK II Koki Jagoi Babang Lettu Inf Prayudy Yusga S, S.T.Han bersama warga Dusun Jagoi Babang. Ungkapnya."


Selanjutnya,“kami akan selalu melestarikan adat istiadat setempat dan wujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat,” tegasnya."


Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut antara lain: Forkopimcam, Wadan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 645/Gty, Dan SSK II Jagoi Babang, Danton Kes Satgas Yonif 645/Gty, Bea dan Cukai Jagoi Babang, Imigrasi Jagoi Babang, Kades Jagoi Babang dan warga Dusun Jagoi Babang. Tutup Dansatgas

(Pen Satgas Pamtas Yonif 645/Gty).


Reporter: Fernando M.