PENA KHATULISTIWA
September 05, 2022, 08:54 WIB
Last Updated 2022-09-05T01:54:27Z

Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 645/Gty Bantu Menjadi Gadik Pramuka di Perbatasan

Advertisement

 


Penakhatulistiwa.id.(Sanggau) -Selain menjalankan tugas pokok menjaga kedaulatan dan keamanan wilayah perbatasan RI-MLY, Satgas Pamtas Yonif 645/Gty juga terus berupaya menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Salah satu cara yang dilakukan prajurit TNI / Satgas pamtas adalah menjadi tenaga pendidik (Gadik) khususnya dalam bidang kepramukaan di SDN 4 Pengadang, di Desa. Pengadang  Kecamatan Sekayam,Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Jumat, 02 September 2022.


Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 645/GTY Letkol Inf Hudallah, S.H. dalam keterangan tertulisnya di Makotis Gabma Entikong Kecamatan, Entikong Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Minggu, 04 September 2022.


Dansatgas mengatakan," Anggota Pos Koki Balai Karangan Satgas Pamtas Yonif 645/Gty selalu aktif dalam melaksanakan kegiatan kepramukaan. Mereka tidak mengenal kata libur. Sabtu ataupun Minggu, selalu aktif ikut serta dalam kegiatan membantu keterbatasan tenaga pendidik (Gadik) di SDN 4 Pengadang khususnya dalam bidang kepramukaan, dipimpin oleh Prada Dino beserta 1 orang anggota bantu menjadi Gadik di SDN tersebut sebagai wujud ikut membantu program pemerintah dalam mencerdaskan anak-anak bangsa terutama diwilayah perbatasan.Ujar Dansatgas."


Dansatgas mengatakan, perlunya peningkatan kecintaan terhadap NKRI di wilayah perbatasan RI-MLY khususnya di Pos Koki Balai Karangan harus selalu dipupuk mulai dari usia dini. “Harapan ke depannya akan lahir patriot bangsa yang membela NKRI yang kita cintai bersama,Tuturnya."


Sementara itu Dan SSK 4 Balaikarangan Lettu Inf Haris Verbiyan mengatakan," dengan penuh rasa tanggung jawab anggotanya personel Satgas Pamtas Yonif 645/Gty mengajarkan dengan sabar agar dalam pelaksanaannya materi teori maupun praktek yang diberikan kepada siswa SDN 4 Pengadang dapat dicerna dengan baik oleh anak-anak.Papar Dan SSK 4."


"Perlunya kesabaran serta pemahaman terhadap tiap diri murid merupakan tantangan tersendiri bagi kami untuk lebih bersemangat dalam mendidik siswa - siswi untuk berikan pendidikan karakter agar para siswa menjadi pribadi yang lebih baik lagi, tambahnya."


Selanjutnya Kepala Sekolah SDN 4 Pengadang Bapak Tatah sangat terharu dan bangga dengan kehadiran prajurit TNI dari Satgas Pamtas Yonif 645/Gty ke sekolah mereka dan terlihat antusias serta keceriaan siswa-siswi dalam mengikuti kegiatan ini. Pasalnya, mereka baru pertama kali mendapatkan materi yang diajarkan oleh anggota Satgas TNI.


"Anak-anak sangat senang sekali mendapat bimbingan dan arahan dari bapak-bapak TNI khususnya dari Satgas Pamtas Yonif 645/Gty Karenanya kami sebagai guru hanya bisa mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya,” ujar Kepsek


(Pen Satgas Pamtas Yonif 645/Gty)


Reporter: Fernando M.