PENA KHATULISTIWA
Desember 21, 2021, 20:58 WIB
Last Updated 2022-01-04T05:26:32Z
BeritaIP3KPemda

Inovasi Baru Tanggulangi Banjir, Pemkab Sekadau Siapkan Program Sidak-Ban

Advertisement

Wabup Sekadau, Subandrio menerima presentasi program Sidak Ban dari tim ahli

PENA KHATULISTIWA (SEKADAU) - Pemerintah Kabupaten Sekadau menyiapkan sistem kendali untuk penanggulangan dampak bencana banjir.


Program tersebut dinamakan Sistem Informasi Dampak Banjir (Sidak Ban).


Selasa (21/12), Wakil Bupati Sekadau menerima sekaligus mempelajari presentasi Sidak Ban dari tenaga ahli di ruang kerjanya.


Wabup Sekadau, Subandrio mengatakan, Sidak Ban akan mempermudah pemerintah daerah dalam penanganan banjir beserta dampaknya di masa depan.


"Dengan sistem ini, kita lebih mudah dalam mendata berapa banyak rumah, kepala keluarga yang terdampak banjir. Ini juga memudahkan kita dalam menyiapkan dan memobilisasi bantuan bagi mereka yang terdampak," ujar Wabup usai menerima kedatangan tim ahli (21/12).


Ia mencontohkan, dengan progam Sidak Ban, jika ketinggian banjir mencapai satu meter maka sudah dapat dipetakan berapa banyak warga yang terdampak.


"Misalnya ketinggian air sekian sentimeter, kita sudah mendapat analisa berapa yang terdampak. Tentu kita tidak kalang kabut harus menunggu data dari tim di lapangan untuk menurunkan bantuan dan sebagainya. Ini salah satu kemudahan," jelas Wabup.


Jika tidak ada kendala, sistem ini sudah akan diaktifkan pada tahun 2022.*


BGP