September 27, 2021, 16:34 WIB
Last Updated 2021-09-27T09:35:34Z

Wabub Sekadau Buka Muscab Ikatan Pencak Silat Sekadau, Ini Pesan Wabub

Advertisement
PENAKHATULISTIWA.ID, (SEKADAU) Wakil Bupati Sekadau Buka Secara Resmi Musyawarah Cabang(Muscab) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) cabang Sekadau Senin (27/9) 2021.
Kegiatan terbesut dihadiri oleh wakil bupati Sekadau Subandrio SH.MH, ketua KONI kabupaten Sekadau Drs.Rusmin Nuryadin, Sekretaris umum Pengprov IPSI Kalbar Johanes Iwan dan para ketua perguruan silat se-kabupaten Sekadau serta undangan lainnya.

Sekretaris umum Pengprov IPSI Kalbar Johanes Iwan dalam sambutanya menyampaikan, bahwa pada awalnya berdirinya IPSI di Indonesia terdiri dari 10 perguruan yang di kenal dengan history IPSI katanya.

Sedangkan saat ini di bawah kepemimpinan Jendral Pur Prabowo Subianto IPSI memiliki 4 Pilar yaitu 1. Mental Spritual, 2.Olah Raga, 3 Kesenian, dalam arti, pencak silat sering dinpertontonkan dalam acara festival budaya, dan 4 Silat dalam arti bela diri, dimana silat dapat dimanfaatkan untuk mempertahankan diri/membela diri ungkapnya.

"Seiring berkembangnya olah raga bela diri ditanah air, sampai saat ini di seluruh Indonesia sudah ada 840 perguruan silat.
Namun kita masih memiliki tugas berat, dimana sampai saat ini Cabang Olahraga(cabor) pencak silat di kalbar belum pernah menorehkan prestasi di PON, dan ini menjadi PR besar pengurus IPSI kalbar," kata Johanes Iwan.

Ketua KONI kabupaten Sekadau Rusmin Nuryadin  dalam keteranganya mengatakan, Koni menyambut baik kegiatan ini, di Sekadau ada 12 cabor yang berakhir masa jabatannya,dan hampir semua cabor telah melaksanakan Muscab katanya.

Sebagai impormasi, Cabang unggulan kabupaten Sekadau adalah beladiri yaitu Pencak silat.

Untuk itu Rusmin berpesan, siapapun yang terpilih menjadi ketua IPSI Sekadau harus mengutamakan prestasi.

Wabup Sekadau Subandrio SH.MH dalam arahannya menyampaikan, pemkab berharap ketua terpilih dapat mengembangkan IPSI menjadi besar di kabupaten Sekadau. 

Selain itu, pemkab juga berharap semua cabor di Sekadau dapat mendapat rengking satu di Kalbar.
Setelah terbentuknya kepengurusan baru pemkab berharap IPSI Sekadau dapat berbenah pesan wabup sekaligus membuka acara,

Red