PENA KHATULISTIWA
Juli 28, 2021, 12:43 WIB
Last Updated 2021-07-28T05:43:23Z
BeritaIP3KPemdaSekadau

Wabup Minta Database UMKM Satu Pintu untuk Permudah Pengambilan Kebijakan

Advertisement


PENA KHATULISTIWA (SEKADAU) - Wakil Bupati Sekadau  membuka kegiatan sinkronisasi data UMKM Kabupaten Sekadau 2021, Rabu (28/7) di aula Mess Pemkab Sekadau.


ST Emanuel, Kepala Dinas Usaha Mikro Kecil Menengah dan Koperasi Kabupaten Sekadau mengatakan, sinkronisasi database UMKM Kabupaten sekadau tahun 2021 dalam rangka menjawab berbagai pertanyaan dan polemik yang dihadapi UMKM dalam menjalankan usahanya.


"Acara ini diikuti sebanyak 14 aparatur desa dan 7 aparatur kecamatan se Kabupaten Sekadau," kata Emanuel.


Emanuel menambahkan, dengan sinkronisasi database UMKM, diharapkan dapat menghasilkan manfaat serta solusi pengembangan pelaku usaha di Kabupaten Sekadau.


Wakil Bupati Sekadau, Subandrio mengatakan tujuh misi kabupaten Sekadau dikunci dengan satu grand desain yaitu IP3K. Salah satunya adalah UMKM.


"UMKM harus kita urus. Karena banyak juga masyarakat kita sebagai pelakunya," tutur Wabup.


Salah satu kehadiran pemerintah bagi UMKM, kata Wabup, adalah pendataan dengan satu pintu. Tujuan dibuatnya database adalah agar dalam penyaluran bantuan tidak salah sasaran dan tumpang tindih atau data ganda.


"Selain itu data juga diperlukan untuk mengambil kebijakan yang benar. Sebab jika data kita salah kebijakan pemerintah bisa salah.Maka data yang kita miliki harus akurat," jelas Wabup.*


Iwan Soleh

Editor : BGP