PENA KHATULISTIWA
Juli 22, 2021, 19:40 WIB
Last Updated 2021-07-22T12:40:48Z
BeritaIP3KPemdaSekadau

Jalan Keling Kumang Diproyeksikan Selesai November 2021

Advertisement

Peninjauan pengerjaan Jalan Keling Kumang oleh Bupati Sekadau

PENA KHATULISTIWA (SEKADAU) - Bupati Sekadau, Aron meninjau pembangunan jalan Keling Kumang, Kamis (22/7) sore. Bupati bersama rombongan meninjau jalan dengan berjalan kaki lebih kurang dua kilometer.


Jalan tersebut, kata Aron, merupakan jalur alternatif yang menghubungkan Jalan Sekadau-Rawak menuju Jalan Sekadau-Sintang.


"Jalan ini sudah lama dibuka, dan kita aspal pada tahun ini. Kita harapkan pengerjaannya dapat selesai tepat waktu. Kemungkinan 2-3 bulan ke depan sudah diaspal. Saya minta dinas terkait selalu monitor," ujar Aron.


Sebagaimana program kerja unggulan Pemkab Sekadau yakni IP3K, Aron menjelaskan Pemkab Sekadau lebih fokus pada peningkatan mutu jalan, khususnya jalan poros.


"Supaya lancar tidak terkendala cuaca. Akses ekonomi, barang dan jasa juga lancar," jelas Aron.


Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Sekadau, Akhmad Suryadi mengungkapkan jalan Keling Kumang dibangun sepanjang 2,598 kilometer dan lebar efektif 5 meter dengan anggaran sebesar 7,42 miliar rupiah yang bersumber dari dana DAK APBD Kabupaten Sekadau tahun 2021.


"Jalan ini sangat strategis untuk mengefektifkan dua jalan poros yakni jalan nasional dan jalan provinsi, dan merupakan kawasan pengembangan kota," jelas Akhmad.


Selain jalan Keling Kumang, beberapa ruas jalan di dalam Kota Sekadau juga menjadi prioritas pada tahun 2022 mendatang.


"Diantaranya Jalan Merdeka, Jalan Irian, Jalan lingkup Terminal Lawang Kuari, Jalan Ahmad Yani dan juga Jalan Panglima Naga komplek pasar baru," terang Akhmad.*


BGP