PENA KHATULISTIWA
Juli 31, 2021, 19:58 WIB
Last Updated 2021-07-31T12:58:39Z
BeritaIP3KParlemenPemdaSekadau

Gelar Mudas, Warga Tapang Baroh Bersyukur atas Pembangunan Akses Jalan

Advertisement

Tradisi Mudas sebelum pelaksanaan pembangunan jalan Tapang Baroh, Desa Menawai Tekam, Kecamatan Belitang Hilir

PENA KHATULISTIWA (SEKADAU) - Ketua Komisi II DPRD Sekadau, Yodi Setiawan menghadiri undangan warga Dusun Tapang Baroh, Desa Menawai Tekam, Kecamatan Belitang Hilir untuk menggelar tradisi mudas, Sabtu (31/7).


Yodi mengatakan, mudas merupakan tradisi yang umum dilaksanakan oleh masyarakat di Kabupaten Sekadau sebelum memulai suatu pekerjaan.


"Kita juga perlu melestarikan tradisi seperti ini supaya tidak punah ditelan jaman. Tradisi ini juga memupuk kebersamaan dan persatuan masyarakat," ujar Yodi.


Tradisi mudas tersebut digelar sebagai tanda dimulainya pembangunan jalan Tapang Baroh ke perbatasan Kabupaten Sanggau. Dusun Tapang Baroh sendiri berbatasan langsung dengan Kabupaten Sanggau. Warga setempat juga sering bepergian ke wilayah Kabupaten Sanggau untuk berbelanja, bersekolah maupun urusan lain.


"Pembangunan jalan ini bertujuan supaya akses mobilisasi masyarakat, barang dan jasa di daerah ini bisa semakin lancar. Jika jalan sudah ada, tentu perputaran ekonomi bisa semakin membaik," tutur Yodi.


Dalam kesempatan itu, Yodi juga menyampaikan prioritas pembangunan Pemerintah Kabupaten Sekadau dibawah kepemimpinan Bupati Aron dan Wakil Bupati Subandrio adalah bidang infrastruktur, perkebunan, pertanian dan perikanan untuk kesejahteraan (IP3K).


"Pembangunan jalan Tapang Baroh ini juga menyesuaikan dengan prioritas utama pembangunan daerah. Karena masih banyak daerah kita yang belum ada jalan sama sekali. Kita juga berharap dalam lima tahun ke depan tidak ada lagi perkampungan yang terisolir," harap Yodi.


Kepala Dusun Tapang Baroh, Sapdawandi menyatakan sangat bersyukur atas pembangunan jalan di wilayahnya. Ia berharap pembangunan jalan dapat berjalan dengan lancar.


"Sudah lama kami dambakan agar jalan kami disini bisa dibangun dengan layak. Terimakasih kepada pak Yodi dan juga pemerintah daerah karena sudah memperjuangkan jalan kami," ucap Sapdawandi.*


BGP