PENA KHATULISTIWA
Juni 28, 2021, 13:57 WIB
Last Updated 2021-06-28T06:57:38Z
BeritaIP3KKalbarPemdaSekadau

Wabup Sekadau Jamin Bantuan bagi Petani Semangka

Advertisement

Wabup Subandrio saat mengikuti panen semangka milik petani di Desa Tanjung

PENA KHATULISTIWA (SEKADAU) - Wakil Bupati Sekadau, Subandrio menginginkan agar para petani semangka di Kabupaten Sekadau dapat meningkat kesejahteraannya.


Untuk itu, pemerintah akan hadir di tengah-tengah petani.


Hal ini diungkapkan Wabup saat mengikuti panen semangka milik petani di kawasan Desa Tanjung, Kecamatan Sekadau Hilir, Senin (28/6) siang.


"Kita kunjungi mereka langsung supaya tahu seperti apa kondisi di lapangan, dan apa saja kendalanya. Kita minta bapak-bapak petani ini saling komunikasi supaya nanti pemerintah bisa berikan bantuan untuk menunjang produksi semangka," ucap Wabup.


Semangka, tambah Wabup, merupakan komoditi yang sangat menjanjikan. Selain itu, periode panennya pun cukup singkat, lebih kurang dua bulan sekali panen. Bahkan di Sekadau sudah cukup banyak petani yang membudidayakan tanaman ini.


Namun, para petani cenderung masih berusaha sendiri-sendiri tanpa terkoordinir.


"Ke depan supaya dibentuk kelompok agar pemerintah mudah menyalurkan bantuan. Tidak perlu lama-lama, di APBD Perubahan ini bisa disalurkan bantuannya. Selain meningkatkan produktivitas petani, ini juga menunjang program unggulan kita IP3K," jelas Wabup.


Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sekadau, Sandae mengatakan bantuan kepada petani sangat mungkin dilakukan.


"Kami akan rumuskan. Namun lebih mudahnya melalui bantuan pemerintah (banpem). Nanti kita bantu berupa dana, biar mereka sendiri yang belanja kebutuhannya apa-apa saja," terang Sandae.


Kamarudin, salah satu petani mengatakan sejauh ini kendala yang ia hadapi adalah kekurangan herbisida, pupuk dan pengairan.


"Ya kalau bisa ada bantuan dari pemerintah kami sangat bersyukur," ucap Kamarudin.*


BGP