PENA KHATULISTIWA
April 29, 2021, 16:02 WIB
Last Updated 2021-04-29T11:02:53Z
BeritaIP3KPemdaSekadau

Pemkab Sekadau akan Optimalkan Fungsi Balai Benih Ikan

Advertisement

Wabup saat mengunjungi BBI Kemawan

PENA KHATULISTIWA (SEKADAU) - Wakil Bupati Sekadau, Subandrio mengunjungi Balai Benih Ikan (BBI) Kemawan, Desa Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir, Kamis (29/4).


Wabup didampingi Ketua Komisi II DPRD Sekadau, Yodi Setiawan dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan, Sandae beserta staf.


Wakil Bupati Sekadau, Subandrio mengatakan di masa kepemimpinan Aron-Subandrio, sektor-sektor penunjang perekonomian masyarakat akan menjadi prioritas utama selain bidang infrastruktur, pendidikan dan kesehatan.


"Sesuai program kerja utama kami yaitu IP3K, termasuk bidang perikanan ini. Ke depan, BBI akan kita optimalkan lagi. Infrastrukturnya ditingkatkan, anggarannya ditambah. Supaya jangan sampai ketika masyarakat memerlukan bibit, stoknya tidak ada," ujar Wabup.


Ia menilai, kurang optimalnya BBI selama ini karena kurang didukung oleh anggaran.


Karena itu, Pemkab akan meningkatkan anggaran untuk pengelolaan BBI.


"Hari ini kita sudah cek, paling tidak sudah ada gambaran untuk ke depan seperti apa," ucap Wabup.


Wabup memberikan keterangan pers

Ketua Komisi II DPRD Sekadau, Yodi Setiawan menyatakan pihaknya siap mendukung program reoptimalisasi BBI.


"Karena ini memang benar-benar untuk kepentingan masyarakat luas. Kami di lembaga DPRD Sekadau pasti akan mendukung kebijakan yang pro rakyat," tegas Yodi.


Yodi juga meminta Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan untuk mengevaluasi kelompok-kelompok tani baik dari aspek legalitas maupun kesiapan lahan.


"Ini penting agar ketika Pemda memberikan bantuan benar-benar tepat sasaran. Jangan bantuan benih sudah diberikan, tapi kolamnya tidak ada," saran Yodi.


Kepala DKP3 Kabupaten Sekadau, Sandae menyebutkan keterbatasan anggaran menjadi salah satu kendala dalam pengelolaan BBI.


"Kita juga masih kurang tenaga, pakan ikan, dan listrik juga belum ada," jelas Sandae.*


BGP