Advertisement
Hartono saat memberikan sambutan |
Penakhatulistiwa.id (Sekadau) - Untuk Penguatan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N-Lapor) Dinas Kominfo Kabupaten Sekadau menggelar rapat koordinasi, yang berlangsung di aula lantai 2 kantor bupati Sekadau.(21/11/24)
Menurut Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Hartono S.Sos,. Rapat ini digelar untuk memperkuat tata kelola pelayanan publik yang transparan dan akuntabel khususnya dalam pengelolaan pengaduan masyarakat.
Hartono menjelaskan bahwa pengelolaan SP4N-LAPOR di Sekadau
Berdasarkan jumlah regulasi seperti undang-undang nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik, serta Peraturan bupati Sekadau nomor 24 Tahun 2022
"Rapat kita hari ini terfokus pada peningkatan koordinasi antara admin koordinator dan pejabat penghubung di seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) melalui pemanfaatan teknologi informasi," Terang Hartono
Hal ini, kata Tono, diharapkan mampu memperkuat komitmen terhadap pelayanan publik, dengan menerapkan sistem pengelolaan pengaduan yang responsif.
Kegiatan ini menyasar pada meningkatkan kecepatan tindak lanjut pengaduan masyarakat. Memperluas publikasi portal SP4N-LAPOR. Serta
Meningkatkan kapasitas pejabat penghubung dalam mengelola akun pengaduan.
"Melalui kegiatan ini kita berharap menghasilkan sejumlah rekomendasi termasuk rencana aksi serta meningkatkan layanan pengaduan untuk periode 2021-2024 serta menganalisis kendala dalam pengelolaan aduan," Tandasnya
Sementara itu mewakili PJS bupati Sekadau, sekretaris administrasi umum sekretariat daerah kabupaten Sekadau Sapto Utomo, dalam paparannya Ia menyampaikan pentingnya pengelolaan pengaduan yang efektif. Hal itu menurutnya sebagai bagian dari reformasi dan birokrasi.
"Untuk mencegah potensi konflik dan memperkuat komunikasi antara pemerintah dan masyarakat maka pengaduan masyarakat harus ditangani dengan baik," Terangnya
Ia juga menggaris bawahi pentingnya sosialisasi sistem SP4N-LAPOR kepada masyarakat, baik melalui media sosial maupun media cetak, untuk meningkatkan pemahaman publik terhadap layanan ini.
"Harapan kita agar seluruh instansi di kabupaten Sekadau semakin konsisten dalam menerapkan pengelolaan pengaduan melalui SP4N-LAPOR. Ini bisa menjadi wujud nyata perhatian pemerintah terhadap pelayanan publik yang berbasis partisipasi transparan dan akuntabel," Pungkasnya
Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pejabat mewakili pimpinan organisasi perangkat daerah kabupaten Sekadau.
(Tim)