Mei 23, 2024, 15:33 WIB
Last Updated 2024-05-23T08:33:48Z
Daerah

PT.AAL Sekadau Sosialisasikan Dana Talangan CPCL

Advertisement

 

Foto usai sosialisasi 

Penakhatulistiwa.id (Sekadau) - PT.Agro Anugra Lestari (PT.AAL) mengelar sosialisasi untuk calon petani calon lahan (CPCL) dana talangan tahap II yang berlangsung di aula hotel Multi jalan Merdeka Timur Sekadau Rabu (22/5) 2024.

Kegiatan tersebut diikuti kades,kadus  dan para tokoh masyarakat di wilayah kerja PT.AAL.

Sosialisasi dimulai.dengan pemaparan materi simulasi dana talangan oleh salah satu pimpinan PT.AAL dengan simulasi jangka waktu dana talangan sampai masa pelunasan.

Setelah pemaparan materi simulasi, kegiatan sosialisasi dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab.

Kepada wartawan General Manager PT.AAL Fahrurrazi Lubis mengatakan tujuan pemberian dana talangan adalah agar petani mendapatkan penghasilan dari lahan yang diserahkan kepada perusahaan selama kebunnya belum produksi secara maksimal. 

Dia menjelaskan, sebelumnya PT.AAL juga sudah melakukan CPCL tahap I pada tahun 2022 dengan luas kebun 604 Hektare ungkapnya.

"Kita membutuhkan waktu untuk memperbaiki kebun agar bisa produksi secara maksimal, karena kita baru saja takeover kurang lebih dua tahun jadi banyak hal yang harus kita selesaikan baik yang bersifat teknis maupun non teknis" katanya.

Dari hasil diskusi kita hari ini banyak.hal yang menjadi pekerjaan rumah bagi kami yang akan kami koordinasikan bersama, baik dengan kades maupun dengan para petani. Bagi petani yang mengharapkan dana talangan sudah terjawab pada diskusi kita hari ini ujar Fahrurrazi.

Fahrurraxi menambahkan, luas lahan yang di lakukan CPCL tahap II adalah seluas 841 Hektare. Untuk satu hektare dana talangannya sebesar Rp 200 ribu rupiah perbulan. Jadi jika di total luas lahan yang sudah kita CPCL adalah seluas 1.405 Hektare. Dia berharap pemberian dana talangan ini cepat selesai sehingga kebunnya bisa menghasilkan secara maksimal pungkas Fahrurrazi.

Usai pemaparan simulasi dana talangan dan diakusi, kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan kesepakatan bersama antara managemen PT.AAL dan perwakilan petani melalui pengurus KUD Kodah Bersatu.

Kegiatan tersebut dihadiri camat Sekadau hilir, Kapolsek Sekadau hilir, Danramil Sekadau hilir, Kabid Koperasi dan Transmigrasi dari Dinas Koperasi UKM dan Transmigrasi kabupaten Sekadau, dan kasi Pembenihan dari dinas DKP3 kabupaten Sekadau. (dar)

Reporter: Sud
Editor: IS