Maret 29, 2024, 18:40 WIB
Last Updated 2024-03-29T11:40:43Z
Religi

Apa Hukum Umat Islam Jika Tidak Membayar Zakat Fitrah.

Advertisement

 

Ustad Tohidin pengasuh pondok pesantren Fajar Belitang 

PENA KHATULISTIWA.ID - Zakat fitrah adalah rukun Islam yang wajib di bayar oleh orang yang memenuhi ketentuan syarat wajibnya yaitu :

1. Beragama Islam

2. Terbenam nya matahari di hari terakhir Romadhon

3. Adanya kelebihan dari makanan pokok untuk dirinya dan untuk keluarga nya pada hari terakhir Romadhon tersebut.


Maka jika seorang muslim di hari terakhir bulan Ramadhan masih memiliki sisa dari makanan pokok untuk dirinya dan sisa makanan pokok untuk keluarga nya maka wajib mengeluarkan zakat fitrah, tetapi jika di hari terakhir Romadhon dia tidak punya kelebihan dari makanan pokok untuk dirinya dan sisa makanan pokok untuk keluarga nya maka dia termasuk katagori mu'sir, dan orang yang katagori mu'sir ini tidak wajib berzakat fitrah walaupun misalnya satu hari sebelumnya dia masih punya stok makanan pokok dan harta yang melimpah, tetapi jika hari terakhir Romadhon dia mu'sir maka tidak wajib baginya zakat fitrah.


Orang yang mu'sir itu justru berhak mendapatkan zakat fitrah dari orang lain. Wajib menerima zakat fitrah. 


Tetapi bagi orang muslim yang masih memiliki sisa makanan pokok untuk dirinya dan sisa makanan pokok untuk keluarga nya di hari terakhir Romadhon maka mengeluarkan zakat fitrah adalah wajib karena hal itu merupakan rukun Islam dan jika tidak mengeluarkan zakat fitrah maka pahala puasa menggantung diantara langit dan bumi tidak sampai ke Hadhirat Allah.


Memang dalam hal ini ada catatan bahwa boleh mengeluarkan zakat fitrah di awal Romadhon tetapi waktu wajibnya itu tetap di hari terakhir Romadhon. 


Demikian sebagaimana penulis kutip dari kitab kifayatul akhyar. Semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa di setengah akhir bulan Romadhon.


Ditulis oleh : Tohidin

Penulis adalah Ketua PCNU Kabupaten Sekadau