Januari 16, 2024, 13:50 WIB
Last Updated 2024-01-16T07:46:43Z
Pemda 2023

Bupati Sekadau Lantik 11 Kepala Desa PAW

Advertisement
Suasana pelantikan Kades PAW


PENAKHATULISTIWA.ID (SEKADAU) - Bupati Sekadau, Aron SH. Melantik 11 (Sebelas) Kepala Desa Pengganti Antar Waktu (PAW) untuk menggantikan 10 Kepala Desa yang mengundurkan diri dan 1 meninggal dunia.


Bertempat di aula lantai dua kantor bupati Sekadau pada selasa(16/01/24) acara tersebut berlangsung hikmat 

Adapun 11 PAW Desa yang dilantik yakni:

1.Desa Ensalang 

2.Desa Sunsong

3.Tapang Perodah

4.Tinting boyok

5.Desa Tamang

6.Sungai Ayak Satu

7.Sungai Ayak Dua

8.Desa Merbang

9.Desa Belitang Dua

10.Desa Balai Sepuak

11.Desa Batuk Mulau


"Melalui hasil musyawarah desa l, 11 (sebelas) desa Se kabupaten Sekadau telah melaksanakan musyawarah desa untuk memilih kepala desa yang dihadiri oleh unsur pemerintah desa, BPD serta perwakilan tokoh masyarakat yang bertempat di kantor desa masing-masing," kata Aron. 



"Dari hasil musyawarah desa yang telah dilaksanakan oleh masyarakat ditindaklanjuti dengan surat keputusan bupati sekadau tentang pemberhentian penjabat kepala desa dan pengesahan pengangkatan kepala desa antar waktu di kabupaten sekadau," tambahnya. 



Bupati Sekadau ini juga mengatakan, Masa jabatan kepala desa PAW hanya melanjutkan sisa masa jabatan sisa kepala desa yang telah diberhentikan periode 2019-2025 yang telah mengundurkan diri karena berbagai alasan sesuai usulan surat permohonan masing-masing.



"Khusus untuk kepala desa yang dilantik terhitung mulai hari ini saudara secara hukum sah menjadi kepala desa," jelasnya. 




"Saya berpesan sekaligus mengingatkan kepada saudara kepala desa bahwa didalam menjalankan roda pemerintahan didesa supaya selalu mengedepankan dan berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku, selalu berkoordinasi baik dengan bawahan, badan pemusyawaratan desa (BPD) sebagai mitra pemerintahan desa, camat serta dinas terkait seperti dinas pemberdayaan masyarakat dan desa selaku satuan kerja pemerintah daerah yang memiliki tugas membantu bupati didalam pembinaan dan pengawasan pemerintahan desa," pesannya. 



"Jangan ada lagi kepala desa yang tidak mau terbuka dengan bawahan dan BPD, proaktif berkoordinasi, mengikuti pelatihan, bimbingan teknis dan rapat-rapat yang berkaitan dengan desa dan pemerintah desa dan saya mengucapkan selamat menjalankan tugas untuk kepala desa yang baru," pungkasnya. 


(Tim)