PENA KHATULISTIWA
September 19, 2023, 20:39 WIB
Last Updated 2023-09-19T13:39:56Z
Wisata

Mengenal Lebih Dekat Desa Resun Serta Keindahan Wisatanya

Advertisement

 

Foto : Wisata pemandian sungai Kim.

PENAKHATULISTIWA.ID (LINGGA) - Desa Resun ialah sebuah desa yang terletak di Kecamatan Lingga Utara, Kabupaten Lingga, kepulauan Riau. Desa resun identik dengan potensi wisatanya. 


Di desa ini ada air terjun Resun yang indah, objek wisata sungai Kim, hutan mangrove nya serta wisata kuliner lainnya yakni petik salak.


Resun juga memiliki sejumlah tradisi yang masih lestari, Ada Ratif Saman, ada Mandi Safar dan tradisi lainnya Sangatlah cocok desa ini dikembangkan jadi desa wisata di Kabupaten Lingga, Kepri.


Desa Resun juga masuk dalam 500 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023,  Desa Resun dari kabupaten lingga dan Desa penyengat dari kota Tanjungpinang  mewakili kepulauan Riau (lolos 300) besar Desa Wisata Indonesia.


Desa Resun saat ini di pimpin oleh kepada desa yakni Hairul mazi , Hairul mazi merupakan masyarakat asli desa Resun , Desa Resun juga memiliki porwakdis ( kelompok sadar wisata) yang di ketuai oleh Rahul priambudi. Jika ada wisatawan dari luar kabupaten lingga yang ingin mengunjungi wisata Desa Resun bisa bisa menghubungi porwakdis desa Resun.


Porwakdis desa Resun juga pernah meraih juara lomba 2 lomba video promosi wisata yang digelar oleh Asosiasi Pariwisata Nasional atau Asparnas Kepulauan Riau (Kepri). Lomba video promosi wisata ini dibuat oleh Pemuda Desa Resun yang tergabung dalam Pokdarwis,

Mereka menyajikan wisata alam Desa Resun yang disandingkan dengan budaya Melayu di Kabupaten Lingga.

Dalam video berdurasi 3 menit yang mereka unggah tersebut, terlihat ada beberapa obyek wisata Resun.


Untuk wisatawan luar kabupaten lingga yang ingin berkunjung ke wisata Desa Resun, bisa menggunakan kapal dari Tanjungpinang menuju ke pelabuhan Pancur maupun pelabuhan sei tenam yang berada di kabupaten Lingga.



Setelah itu, dapat meneruskan perjalanan dengan menggunakan kendaraan sepeda motor selama kurang lebih 45  menit dari sei tenam  atau bisa juga menggunakan speed boat selama sekitar 20 menit dari pancur.



“Selama perjalanan pengunjung akan disuguhkan pemandangan yang indah dengan hutan alam yang alami.


Reporter: Ilham