Juli 05, 2023, 08:19 WIB
Last Updated 2023-07-05T01:19:55Z
Pemda Sekadau

Pesan Bupati Sekadau Kepada Perangkat Desa Soal Stunting

Advertisement


 Penakhatulistiwa.id (Sekadau) - Sejumlah perangkat Desa di Kabupaten  Sekadau mengikuti kegiatan Peningkatan Kapasitas Pemerintah Desa dalam penanganan percepatan penurunan Stunting. Selasa(4/7/23) bertempat di ruang serbaguna lantai II kantor bupati Sekadau.


Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Sekadau Aron S.H,. Dikatakan Aron dalam sambutanya menyebut bahwa dalam rangka mewujudkan visi Sekadau Simpati, Pemerintah kabupaten Sekadau berupaya mengatasi masalah-masalah yang dapat menghambat pembangunan dibidang kesehatan salah satunya permasalahan Stunting 


Aron menyebut sejak tahun 2022, angka Stunting di kabupaten Sekadau berada pada kategori tinggi, yaikni 35,5% berada diatas angka rata-rata prevalensi stunting provinsi kalimantan Barat 28,8% dan nasional 21,6%.


Untuk melakukan penurunan Stunting bukan hanya menjadi tanggungjawab salah satu pihak saja, namun menjadi rangkaian atau proses kerja sama semua bidang dan semua stekholder termasuk para kepala desa


"Tidak hanya menjadi tanggung jawab bidang kesehatan saja namun menjadi rangkaian atau proses kerja sama semua bidang, khususnya dalam kaitannya terhadap pelayanan terhadap ibu hamil," kata Aron.


Misalnya lanjut dia, memberikan pelayanan prima ibu, anak, dan calon pengantin, Penyediaan air minum, sanitasi dan pemukim yang layak bagi masyarakat atau keluarga, pemberdayaan dan peningkatan pendidikan serta pengetahuan masyarakat terkait


pentingnya pola hidup sehat serta pemanfaatan keluarga, lahan dan pekarangan dalam rangka pemenuhan kebutuhan vitamin dan gizi keluarga serta masyarakat.


Masih dikatakan Aron, dalam rangka mendukung kinerja Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) semua tingkatan baik kabupaten, kecamatan maupun desa agar bekerjasama secara optimal, maka dilaksanakanlah kegiatan peningkatan kasitas pemerintah Desa dalam penanganan percepatan penurunan stunting tingkat desa.


"Saya berharap pemerintah desa dalam hal ini para kepada desa yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dan mengetahui sejauh mana kondisi masyarakatnya baik dalam bidang pembangunan, kesejahteraan dan bidang lainnya," katanya.


Sehingga lanjut dia, pemerintah desa dapat memahami apa saja yang menjadi skala prioritas program atau kegiatan di desa dalam rangka percepatan penurunan stunting di wilayah masing-masing.Dengan demikian, percepatan penurunan stunting tingkat desa khususnya di kabupaten Sekadau, memberikan kontribusi yang nyata pagi percepatan penurunan stunting di daerah. 


(Tim)