Mei 15, 2023, 10:04 WIB
Last Updated 2023-05-15T03:04:03Z
Berita

PT.PAM Gandeng 9 Desa Bentuk MPA, Komitmen Cegah Karhutla

Advertisement

Persiapan pelatihan (foto: istimewa)

Penakhatulistiwa.id (Sekadau)
- Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat untuk waspada terhadap bahaya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) maka PT. Parna Agromas (PAM) membentuk Masyarakat Peduli Api (MPA) yang bekerja sama dengan Manggala Agni, Muspika Belitang Hilir, DKP3 Kabupaten Sekadau & BLH Kabupaten Sekadau. 


Pembentukan MPA dan Pembekalan Teknis Pengendalian Kebakaran Hutan dan lahan ini diselenggarakan di Training Canter PT.Parna Agromas pada tanggal (11-13 Mei 2023)

Simulasi memadamkan api (foto:ist)

Dadan Sundana, ST (Manager EHSS) dalam sambutanya menyebut Pelatihan MPA ini bekerja sama dengan Manggala Agni DaOps Sintang dengan dihadiri oleh Camat belitang Hilir, Kapolsek Belitang Hilir, Danramil Belitang Hilir, Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Sekadau, dan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Sekadau, dengan dibantu oleh 9 Kepala Desa yang berada di Kecamatan Belitang Hilir dalam mengirimkan peserta pelatihan. 


"Pelatihan Masyarakat Peduli Api merupakan salah satu upaya dan kontribusi PT.PAM dalam pencegahan bencana kebakaran dengan memperdayakan masayarakat khususnya di 9 Desa di Kecamatan Belitang Hilir untuk memberikan edukasi dan pemahaman akan bahaya bencana kebakaran," Ujar Dadan Sudana


"Desa yang mengikuti pelatihan ini terdiri dari Desa Tapang Pulau, Desa Empajak, Desa Semadu, Desa Kumpang Bis, Desa Entabuk, Desa Melanjan Raya, Desa Sungai Ayak II, Desa Menawai Tekam, dan Desa Merbang," Sambungnya lagi


Penyerahan bantuan CSR oleh Muhammad Taufiq (baju cream) Manager Humas & CSR PT.PAM

Dikesempatan yang sama Muhammad Taufiq, SH (Manager Humas & CSR) dalam sambutanya saat menyerahkan bantuan CSR menyebut. Selain Pembentukan MPA dan Pembekalan Teknis Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, PT. Parna Agromas juga memberikan bantuan CSR untuk 9 Desa di Kecamatan Belitang Hilir berupa 1(satu) set alat pemadam kebakaran yaitu pompa air, nozzle, selang hisap dan hose yang  akan diberikan kepada masing-masing Pemerintah Desa yang mengikuti Pelatihan MPA.


"Pelatihan ini diharapkan bisa mencegah bahaya kebakaran hutan dan lahan, dan para peserta pelatihan diminta menularkan hasil pelatihan kepada masyarakat dan tim damkar yang ada di desa masing-masing," pesan Taufiq


Muhammad Taufiq juga mengatakan Dengan dukungan dan kerjasama masyarakat, PT. Parna Agromas berkomitmen untuk sepenuhnya memastikan kebijakan pembukaan lahan tanpa bakar termasuk melakukan pemantauan berkesinambungan dan mengelola resiko kebakaran demi terciptanya lingkungan yang aman dan berkelanjutan.


Hadir juga mewakili camat belitang hilir Plt sekertaris camat Wasiman Toha Supratman, Dalam sambutanya mengapresiasi atas inisiatif perusahaan PT.PAM yang mendukung pemerintah dalam pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). 


"Untuk para peserta mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh untuk kemudian disosialisasikan dengan masyarakat lainnya," tutupnya


(Tim)