PENA KHATULISTIWA
April 05, 2023, 12:48 WIB
Last Updated 2023-04-05T05:48:13Z
Info Perbatasan

Prajurit Satgas Pamtas Yonif 645/Gardatama Yudha Ikuti Upacara Pemakaman Militer Anggota TNI

Advertisement

 

Prajurit satgas saat melaksanakan pemakaman 

Penakhatulistiwa.id(Sambas) - Komandan Pos (Danpos) Gabma Sajingan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha Letda Inf Rintho Lomboan Ikuti Prosesi pemakaman dan bertindak sebagai Komandan Upacara (Dan Up) Upacara Pemakaman Militer Almarhum Pratu Herkulanus Gunawan Kipan A Yonif Mekanis 643/Wns yang meninggal dunia karena sakit.


Pemakaman dilaksanakan di Pemakaman Khatolik Dusun Aruk, Desa Sebunga, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas.Kalimantan Barat.Selasa,4 April 2023.


Demikian disampaikan Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha, Letnan Kolonel Inf Hudallah, S.H. dalam keterangan tertulisnya di Markas Komando Taktis (Makotis) Gabma Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau.


Dansatgas mengatakan, Pemakaman militer merupakan hak dan penghormatan terakhir yang diperuntukkan bagi setiap prajurit TNI yang meninggal dunia, sebagai penghargaan dari negara atas jasa-jasa serta darma baktinya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia,”Ujar Dansatgas.


Dikatakannya,"Almarhum Pratu Herkulanus Gunawan meinggal dunia diakibatkan karena sakit dan sempat dirawat RS. Gatot Subroto Jakarta dan menghembuskan terakhirnya di rumah sakit tersebut." Ujar Danpos.


Lebih lanjut,"Danpos Gabma Sajingan mengatakan dengan kepergian Almarhum, TNI telah kehilangan seorang anak bangsa terbaik, yang selalu memegang teguh prinsip-prinsip perjuangan serta setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan telah bekerja keras dalam mengemban setiap tugas negara yang menjadi tanggung jawabnya serta almarhum sosok yang baik dan prajurit di batalyon baik melaksanakan tugas, selalu disiplin dan membanggakan bagi satuannya.


“Atas Nama Negara, Tentara Nasional Indonesia dan seluruh yang ditinggalkan, kami menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya disertai doa yang tulus," ujarnya. "Semoga Almarhum diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan, kekuatan dan bisa menerima dengan berlapang dada serta teguh hati,”pungkasnya.


Turut Hadir dalam prosesi Upacara Pemakaman Militer tersebut, Letkol Inf M. Tandri Subrata, Danyon 643/Wns selaku Inspektur Upacara (Irup), Mayor Inf Suradi, Danramil 1208-02/Sjk, Kapten Inf ikhawan, Danki SSK 1 Satgas Pamtas Yonif 645/Gty, Letda Inf Rintho Lomboan, Danpos Gabma Sajingan Satgas Pamtas Yonif 645/Gty selaku Komandan Upacara (Dan Up), Letda Inf Siswanto (Pasipers Kodim Sambas sebagai Paup), Bapak Obertus, Camat Sajingan Besar, Brigpol Widi, Bhabinkamtibmas Sebunga, Bapak Bernandus, Kades Sebunga, Anggota Pos Koki Sajingan dan Pos Gabma Sajingan Satgas Pamtas Yonif 645/Gty, Anggota Koramil Sejangkung, Keluarga mendiang dan masyarakat Dsn. Aruk desa Sebunga.

(Pen Satgas Pamtas Yonif 645/Gty).


Reporter: Fernando M.