PENA KHATULISTIWA
April 11, 2023, 05:22 WIB
Last Updated 2023-04-10T22:22:27Z
Peristiwa

Pabrik Tahu Pasundan di Sekadau Ludes Terbakar Begini Kronologinya

Advertisement

 

Kuali penggorengan tahu yang ludes terbakar 

Penakhatulistiwa.id (Sekadau) - Pabrik pengolahan Tahu di gang Pasundan Desa Mungguk kecamatan Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau nyaris ludes terbakar. Senin(10/4/23)


Hal itu disampaikan kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Sekadau Ahmad Suryadi. 


Dikatakan Ir H Ahmad Suryadi M.T mengungkapkan Posko Penanggulangan Bencana Dan Kebakaran menerima laporan dari karyawan pabrik tahu a.n Rinto dan Mandus yang datang ke Posko melaporkan bahwa telah terjadi musibah Kebakaran di pabrik tahu Sunda, tempat mereka bekerja Di Jalan Pasundan Mungguk, Desa Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau.


"Anggota Pemadam Kebakaran BPBD Kabupaten Sekadau yang menerima laporan tersebut langsung Bergerak Ke Lokasi Kejadian musibah Kebakaran tersebut Pada hari Senin Tanggal 10 April 2023 Pukul 16:00 Wib," Ungkap Ahmad Suryadi.



Dari hasil analisa, pengecekan dan pendataan dilokasi diketahui terdapat 4 unit Kuali Beserta Minyak Goreng untuk menggoreng tahu yang hangus terbakar, serta terdapat 1 unit blower.


Kejadian tersebut terjadi pada hari Senin tanggal 10 April 2023 Pukul 16:00 WIB, bermula saat pemilik menggoreng tahu, lalu tiba-tiba api yang berada di tungku naik ke atas kuali, dan pemilik menutupi kuali tersebut dengan kain basah hingga akhirnya api tersebut bukannya padam tetapi berpindah ke kuali sebelahnya yang juga dalam keadaan panas, minyak gorengnya (mendidih).


Hal tersebut dikarenakan adanya pembatas tungku api yang jebol hingga api tersebut berpindah tempat.


Atas kejadian ini satu unit pabrik tahu ludes terbakar dan beberapa alat pengolahan Tahu didalamnya. Total kerugian diperkirakan mencapai 30.000.000 tiga puluh juta rupiah 


(Iwan)