PENA KHATULISTIWA
April 15, 2023, 07:42 WIB
Last Updated 2023-04-15T00:42:50Z
Pemda

Bupati Sekadau: Promosikan Nama Sekadau Lewat Festival Meriam Karbit

Advertisement

 

Bupati Sekadau saat menyerahkan bantuan operasional Meriam Karbit 

Penakhatulistiwa.id (Sekadau) - Bupati Sekadau Aron S.H,. Serahkan bantuan operasional Meriam Karbit, untuk acara festival Meriam Karbit dalam rangka memeriahkan Idul Fitri 1444 Hijriyah. Bertempat di Surau Baitul Hidayah Kampung Tebal Sekadau. Jumat (14/4/2023).

Disampaikan Aron dalam sambutanya usai menyerahkan dana operasional sebesar 3 (tiga) juta rupiah per kelompok itu, Atas nama pemerintah daerah dalam hal ini akan mensupport kegiatan-kegiatan masyarakat baik sosial, agama dan budaya

"Festival Meriam Karbit yang kita ketahui bersama telah dilaksanakan setiap tahun, untuk memeriahkan hari raya Idul Fitri. Tahun ini dirasakan akan cukup meriah karena dilihat dari segala macam persiapan, untuk itu perlu rasanya kita mensupport kegiatan ini," Ungkap Aron


Festival Meriam Karbit adalah merupakan kebiasaan masyarakat Muslim di kabupaten Sekadau untuk memeriahkan hari raya Idul Fitri.


Meriam karbit juga sudah menjadi Seni dalam budaya Melayu di Sekadau. Biasanya pada malam Idul Fitri masyarakat akan berkumpul ditepian sungai Sekadau untuk menyaksikan kemeriahan Festival ini.


Meriam Karbit merupakan satu batang pohon besar yang dibuatkan lubang menyerupai Meriam. Pada saat akan digunakan Meriam tersebut diisi dengan Karbit kemudian ditembakan dengan api.

Ketika ditembakan Meriam itu akan mengeluarkan suara dentuman yang sangat keras. Tak hanya suara yang akan dinilai oleh dewan juri hiasan dan tampilan setiap kelompok juga menjadi penilaian untuk meraih gelar juara.

(Tim)