PENA KHATULISTIWA
Januari 29, 2023, 06:11 WIB
Last Updated 2023-01-28T23:11:19Z

Proyek Rumah Betang di Beduai Bernilai 1,5 M 100% Rampung dan Siap Diresmikkan

Advertisement

 


 Penakhatulistiwa.id(Sanggau) - Baru-baru ini tanpak Proyek Pelaksanaan Pembangunan Rumah Betang yang memakan Anggaran APBD( Anggaran Pembangunan Belanja Daerah)yakni Dana tersebut Dana dari Kabupaten Sanggau yang  senilai 1,5 milyar kini sudah rampung 100 persen dan siap diresmikan.


Adapun dari Bangunan Rumah Betang tersebut dibangun di atas tanah seluas 4000 M2, dengan luas bangunan 10 X 30 M2 tepat menghadap jalan Raya Internasional lintas Malindo transkalimantan barat.


Selanjutnya,pengerjaan pembangunan Rumah betang itu juga dikerjakan langsung oleh CV. Sura Karya Jaya dengan masa pelaksanaannya mulai dari bulan Oktober hingga Desember 2022 dengan menggunakan anggaran sebesar 1,5 milyar yang bersumber dari APBD Kabupaten Sanggau,Kalimantan Barat.Jumat 27 Januari 2023.


Melalui Media ini, menurut Kepala Desa Kasromego, YS. Sudarso, S. Hut. mengatakan,"Bahwa dengan adanya Rumah Betang yang berdiri di Desa Kasromego, Kecamatan Beduai, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, sangat disambut baik oleh masyarakat di Kecamatan Beduai, karena baru sekarang Kecamatan Beduai bisa memiliki bangunan Rumah betang tersebut yang tentu nantinya akan selalu di manfaatkan masyakat dayak pada momen acara - acara penting seperti Gawai padi,"Ungkapnya. 


Ia menambahkan,"yang mana selama belum adanya pembangunan rumah betang, masyarakat selalu merayakan dan berkumpul di rumah saja, pada acara pesta Gawai padi, ucapan syukur kepada Tuhan atas hasil pertanian berupa padi dimana acara tersebut dilaksanakannya secara serentak setiap bulan Mei untuk setiap tahunnya," terang Kades Beduai YS. Sudarso, S. Hut. 


Kemudian,disamping Rumah Betang yang telah rampung dalam pengerjaannya tersebut,adapun didalamnya terdapat jumlah kamar sebanyak 7 pintu serta halaman yang luas untuk persiapan kegiatan acara Adat  budaya dayak. 


Kades Kasromego juga menyebutkan atas sudah rampungnya pembangunan rumah Betang tersebut, ia menghimbau," kepada masyarakat di Kecamatan Beduai untuk saling menjaga serta memelihara kebersihan di area rumah betang tersebut, karena kita belum tau kapan kira - kira proyek pembangunan Rumah betang yang sudah selesai pengerjaannya akan di resmikan,"tutupnya.


Reporter: Fernando M.