PENA KHATULISTIWA
Januari 05, 2023, 20:57 WIB
Last Updated 2023-01-05T13:57:32Z

I Nyoman Kepala Basarnas Pekanbaru sampaikan capaian OPS SAR tahun 2022

Advertisement


Penakhatulistiwa.Id(Pekanbaru) - Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Riau I Nyoman Sidakarya, SH menyampaikan hasil penanganan kecelakaan (OPS SAR) selama tahun 2022. 


Penyampaian dengan diiringi candaan antara Tim SAR dan awak media dengan bincang-bincang santai di lobby kantor Basarnas Pekanbaru,Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, (05/01/2023)


"Basarnas berjalan sudah sesuai tupoksi atau SOP, kendala utama yang sering kita alami dilapangan adalah cuaca, untuk yang lainnnya relatif bisa diatasi," jelas I Nyoman.


Dalam tahun 2022 ini Basarnas yang mempunyai personal 81 orang ini telah melakukan penanganan pencarian dan pertolongan sebanyak 64 kali dengan total jumlah korban sebanyak 164 orang.


Korban yang ditemukan dalam keadaan meninggal 63 orang dan selamat sebanyak 94 orang dan dalam keadaan masih hidup sebanyak 7 orang.


"Semua data korban itu terdiri dari kecelakaan kapal laut sebanyak 32 kejadian,kondisi membahayakan manusia sebanyak 31 kejadian dan bencana alam sekali kejadian," jelas I Nyoman.


Kepala Basarnas yang baru menjabat di Pekanbaru selama enam bulan ini juga mengatakan kalau Basarnas masih merasa kekurangan,yang dia harapkan disetiap pos minimal 25 personal.


"Dengan kekurangan personal bukan berarti kelemahan kita dalam pelayanan masyarakat, kita upayakan dengan meningkatkan potensi dari personal," pungkas I Nyoman yang sebelumnya bertugas di Cilacap.  


(Muryono)