PENA KHATULISTIWA
November 03, 2022, 17:05 WIB
Last Updated 2022-11-03T10:05:08Z

Satgas Pamtas Yonif 645/Gardatama Yudha dan Puskesmas Layani Posbindu Lansia Di Perbatasan

Advertisement

 



Penakhatulistiwa.id.Tamtama Kesehatan (Takes) Pos Temajuk Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia Yonif 645/GTY membantu tenaga kesehatan Puskesmas Temajuk menyelenggarakan Program Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Lanjut Usia (Lansia) untuk warga masyarakat perbatasan, bertempat di  Dusun sempadan, Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas.


Hal ini disampaikan Dansatgas Pamtas RI-MLY Yonif 645/Gty Letnan Kolonel Inf Hudallah, S.H. dalam keterangan tertulisnya di Markas Komando Taktis (Makotis) Gabma Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau.KalimantanBarat. Rabu, 2 November 2022


Dansatgas mengatakan, 2 (dua) orang personel Kesehatan Tamtama Kesehatan (Takes) Pos Temajuk yang membantu tenaga kesehatan Puskesmas Temajuk dalam menyelenggarakan program Posbindu perbatasan yaitu Pratu Tri Afandi dan Prada Ali."Ujar Dansatgas.


"Adapun kegiatan ini merupakan wujud dari peran serta TNI dalam membantu tenaga kesehatan puskesmas temajuk dalam menjalankan program pemerintah untuk mewujudkan masyarakat perbatasan yang sehat dengan cara mendeteksi dini resiko penyakit kepada masyarakat perbatasan secara berkala."Ungkapnya.


"Posbindu lansia merupakan pengembangan dari kebijakan pemerintah melalui pelayanan kesehatan bagi lansia yang penyelenggaraan nya melalui program puskesmas."imbuhnya.


Anggota Satgas Kami membantu Nakes Puskesmas Temajuk dengan tujuan meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan lansia di masyarakat sehingga terbentuk pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan lansia.


Selanjutnya,“Kami selaku Komandan Satgas menekankan kepada seluruh jajaran anggota khususnya tenaga kesehatan Pos Satgas Pamtas agar selalu berusaha semaksimal mungkin untuk bersinergi dengan Dinas Kesehatan diperbatasan salah satunya puskesmas Kesehatan dalam menjalankan program pemerintah, demi untuk membudayakan gaya hidup yang sehat sehingga dapat terhindar dari resiko penyakit demi terciptanya lingkungan dan masyarakat yang sehat” terang Dansatgas.


Sementara itu Salah seorang tenaga Kesehatan puskesmas temajuk mengatakan, kami bersama bapak satgas pamtas laksanakan posbindu lansia untuk meningkatkan kualitas kesehatan bagi lansia yang ada di perbatasan, serta terimakasih atas bantuan dari bapak-bapak TNI Satgas Pamtas atas terselenggaranya kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan program yang telah direncanakan. Pungkasnya.

(Pen Satgas Pamtas Yonif 645/GTY).


Reporter: Fernando M.