PENA KHATULISTIWA
Oktober 07, 2022, 17:25 WIB
Last Updated 2022-10-07T10:25:50Z

Pangdam XII/TPR Gelar Kunker dan Beri Penghargaan Prajurit Pamtas 645/GTY Yang Berprestasi

Advertisement

 


Penakhatulistiwa.id (Sanggau)- Markas Komando Taktis (Makotis) Gabma Entikong Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 645/Gty mendapat kunjungan kerja Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Sulaiman Agusto, S.I.P., M.M. dan sekaligus memberikan penghargaan kepada personel Satgas Pamtas Yonif 645/Gty yang berprestasi serta pemberian sarana kontak, bertempat di Makotis Gabma Entikong, Kecamatan Entikong Kabupaten Sanggau.


Hal ini disampaikan Dansatgas Pamtas RI-MLY Yonif 645/Gty Letnan Kolonel Inf Hudallah, S.H. dalam keterangan tertulisnya di Markas Komando Taktis (Makotis) Gabma Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Kamis, 6 Oktober 2022


Dansatgas menyampaikan yang mana," Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Sulaiman Agusto, S.I.P., M.M. usai memimpin upacara dan syukuran peringatan HUT ke-77 TNI serta pembagian Bansos kepada Siswa dan Siswi Entikong, dilanjutkan Kunjungan Kerja ke Makotis Gabma Entikong Satgas Pamtas Yonif 645/Gty dalam rangka memberikan penghargaan kepada personel Satgas Pamtas Yonif 645/Gty yang berprestasi dan sekaligus pemberian sarana kontak. Ujar Dansatgas.


Kemudian dalam kesempatan ini, Bapak Pangdam XII/Tpr menyerahkan piagam penghargaan dan memberikan sarana kontak kepada personel Satgas Pamtas Yonif 645/Gty berprestasi yang telah melaksanakan tugas dengan baik dan berhasil menggagalkan upaya penyelundupan Narkotika ke wilayah Indonesia,"Ungkap Dansatgas.


Selanjutnya, Pangdam XII/Tpr memberikan pengarahan kepada seluruh Prajurit Satgas Pamtas Yonif 645/Gty dan Tentera Diraja Malaysia (TDM), menyampaikan bahwa tugas pokok Satgas Pamtas yaitu menjaga kedaulatan wilayah NKRI, menjaga pilar batas negara dan mencegah kegiatan illegal serta mencegah penyelundupan Narkotika ke wilayah Indonesia,"Imbuhnya.


Pangdam XII/Tpr mengapresiasi, bahwa sudah bisa dilaksanakan dengan baik oleh Satgas Pamtas Yonif 645/Gty.


 “Hal tersebut sudah kalian buktikan pada awal bertugas setelah 1 (satu) hari serah terima dengan satgas sebelumnya berhasil menggagalkan penyelundupan Narkotika dalam jumlah besar. Pertama 13,6 Kg, kemudian 494,2 Gram, kemudian 27,333 Kg, kemudian 0,6 Gram, dan terakhir 96 Gram. 5 (lima) kali menggagalkan penyelundupan Narkotika itu merupakan suatu prestasi yang luar biasa dan sudah kita laporkan ke Bapak Panglima TNI dan Bapak Kasad untuk mendapatkan penghargaan. Mudah-mudahan segera bisa turun,” kata Pangdam. 


Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Sulaiman Agusto, S.I.P., M.M. dalam pengarahannya menegaskan kepada seluruh prajurit Satgas Pamtas Yonif 645/Gty agar terus melaksanakan tugas pokok dengan baik, terus tingkatkan jalin kerjasama yang erat dan saling memberikan informasi dengan prajurit TDM Malaysia supaya perbatasan yang kita jaga bersama ini aman dan tidak ada gangguan, serta yang paling penting dalam penugasan ini Menghindari pelanggaran hukum sekecil apapun karena sebanyak apapun prestasi dalam penugasan jika satu kali tercoreng oleh pelanggaran hukum maka penugasan tersebut dikatakan tidak berhasil,"Tegasnya.


Mengakhiri arahannya Pangdam XII/Tpr berpesan, agar dalam setiap pelaksanaan kegiatan selalu mengutamakan (Pam Personel) pengamanan personel karena Keselamatan personel harus utama. Yang bisa menjaga diri adalah individu masing-masing bukan orang lain.


“Kalian sudah berangkat kesini dalam penugasan kemudian nanti kembali ke satuanmu saat purna tugas harus lengkap dan tidak boleh berkurang suatu apapun. Bagi yang sudah menikah Ingat anak istrimu menunggu di sana dan yang belum berkeluarga ingat Ayah dan ibumu menunggumu," Tutup Pangdam 


(Pen Satgas Pamtas Yonif 645/Gty).


Korwil: Fernando M