PENA KHATULISTIWA
Oktober 19, 2022, 07:04 WIB
Last Updated 2022-10-19T00:04:26Z
Banjir Sanggau

BPBD Sanggau Bantu Evakuasi Warga Terjebak Banjir

Advertisement

 

BPBD saat evakuasi warga 

Penakhatulistiwa.id (Sanggau)- Dampak Cuaca yang ada di bumi ini semakin hari semakin mencekam saja,tak luput dari hujan yang selalu hadir tanpa kapan waktunya berhenti. Seperti saat ini begitu terlihat jelas banjir bandang yang sedang dialami warga Kelurahan Beringin RT 21/07 pada sore, mengakibatkan sebanyak 15 rumah terendam air setinggi 40 -60 cm. Pada Senin  17 Oktober 2022.


Adapun dari keterangan RT 21 yang dihimpun oleh media ini yakni Erkan," bahwa banjir yang terjadi diwilayahnya tidak begitu lama dan selang beberapa hari banjir tersebut akan kering kembali,"Ungkapnya.


Kemudian," karena wilah gang Mandiri dikelilingi bukit yang tinggi sementara darainase kurang lancar ada penyumbatan,mengakibatkan air tergenang dan menimmbul banjir."


Ia menambahkan," kepada Pemkab sanggau dalam hal ini instansi terkait,dapat mengatasi drainase di kawasan Gang Mandiri,jika hujan turun warga mulai camas akan terjadi Banjir,"harap Erkan 


Selanjutnya,warga yang rumahnya terendam air,berusaha

Menyelamatkan barang barangnya yang tidak tahan kenana air,termasuk tempat tidur.

Mereka menyelamatkan barang barang  dan melakukan evakuasi  anak anak dan manula  ketempat yang lebih tinggi dengan menggukan perahu karet


Bahkan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD kabupaten Sanggau hadir melakukan evakuasi warga.

Kepala BPBD kabupaten Sanggau Siron,juga

tampak berdiri ditengah genangan air sambil memperhatikan anak buahnya melakukan evakuasi warga.


Di tempat yang sama, menurut Siron pihaknya mendapat informasi terjadi banjir Bandang di gang  Mandiri ,dan ia memerintahkan anak buahnya  meluncur ke lokasi  memberikan pertolongan.

Jika masyarakat memerlukan bantuan BPBD hubungi Posko kami yang stand By 24 jam infomasi yang masuk segera kita tindak lanjuti, papar Siron.


Banjir Bandang yang merendam beberapa rumah penduduk itu,terdapat salah seorang warganya yang memelihara ikan  akibat banjir ikan yang dipelihara dengan sendirinya lepas," Tutup Erkan.



Reporter: Fernando M.