PENA KHATULISTIWA
September 11, 2022, 16:27 WIB
Last Updated 2022-09-11T09:27:08Z

Warga Perbatasan RI-MLY Taat Hukum Serahkan Senjata Api Rakitan Kepada Satgas Pamtas Yonif 645/GTY

Advertisement

 


Penakhatulistiwa.id (Shanghai) -Anggota Pos Simpang 3 (tiga) Lokpon Satgas Pamtas Yonif 645/GTY Kembali terima penyerahan secara sukarela 1 (satu) pucuk senjata api rakitan jenis Lantak pada saat kegiatan Anjangsana ke rumah-rumah warga memberikan pelatihan pembinaan Fisik kepada anak-anak perbatasan yang akan mendaftar menjadi TNI di Dusun. Aping Desa. Sebunga Kecamatan Sajingan, Kabupaten Sambas Kalbar. 


Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 645/GTY Letkol Inf Hudallah, S.H. dalam keterangan tertulisnya di Makotis Entikong Gabma Entikong Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Sabtu, 10 September 2022.


Dansatgas mengatakan penyerahan secara sukarela senpi rakitan jenis Lantak ini, sebagai bukti kedekatan antara anggota Satgas dengan masyarakat perbatasan yang merupakan hasil dari kegiatan teritorial anjangsana yang setiap hari gencar dilakukan anggota Satgas Pamtas Yonif 645/GTY. Ungkap Dansatgas."


Penyerahan senpi ini bermula ketika 2 (dua) orang personil Pos Simpang 3 (tiga) Lokpon Satgas Pamtas Yonif 645/GTY dipimpin Prada Yogato Rizaldi dan 1 (satu) orang anggota melaksanakan kegiatan Anjangsana ke rumah Bpk. SH sekaligus menanyakan Kesiapan anaknya (Jinggo 19 Thn) yang berencana ingin Mendaftar menjadi Anggota TNI-AD, sejak 2 (dua) bulan sebelumnya telah dibina Fisiknya atau Jasmaninya Oleh Anggota Pos Simpang 3 Lokpon Untuk Mendaftar TNI-AD. Ungkapnya."


Bapak SH Sambil berbincang-bincang bersama Personil Pos Simpang 3 Lokpon yang melaksanakan Anjangsana, Bpk SH menawarkan 1 (satu) pucuk senjata rakitan jenis lantak ini kepada anggota Pos Satgas yang dia punya karena sudah lama tidak dipakai lagi berburu dihutan, bapak SH memberikan Senjata api rakitan ini mengungkapkan sebagai bentuk rasa simpati dan terimakasih kepada Pos Simpang 3 Lokpon karena sudah Membina atau melatih fisik Anaknya (Jinggo 19 Thn) untuk persiapan daftar Menjadi Anggota TNI-AD.Pungkasnya." 


Setelah mendengar ungkapan dari Bapak. SH, Anggota Pos Simpang 3 Lokpon menerimanya dengan senang hati, karena murni penyerahan senjata api rakitan jenis lantak tersebut kepada Anggota Satgas dengan kesadaran ikhlas tanpa ada paksaan dari pihak manapun dan sebagai wujud simpati dan Terimakasih karena anggota Pos Simpang 3 (tiga) Lokpon sudah membantu membina/melatih fisik anaknya tersebut.  


Selanjutnya untuk Senapan rakitan jenis Lantak tersebut langsung di laporkan kepada Danposnya dan sekaligus diamankan juga senpi rakitan tersebut sebagai barang bukti.

(Pen Satgas Pamtas Yonif 645/GTY).


Reporter: Fernando M.