PENA KHATULISTIWA
September 22, 2022, 18:24 WIB
Last Updated 2022-09-22T11:24:08Z

Kunker Kajati Kalteng dan Supervisi Ketua IAD Wilayah Kalteng di Kejaksaan Negeri Pulang Pisau

Advertisement


 Penakhatulistiwa.id- (Pulang Pisau)- Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah Pathor Rahman, S.H., M.H., bersama Ketua Ikatan Adhyaksa Darmakarini (IAD) Wilayah Kalimantan Tengah Ny. Tyas Pathor Rahman didampingi Asisten Intelijen, Asisten Pengawasan, Kabag TU, Koordinator serta beberapa pejabat eselon IV pada Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah tiba di kantor Kejaksaan Negeri Pulang Pisau JL. WAD Duha Komplek Perkantoran, Mantaren I, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau, untuk melaksanakan rangkaian kunjungan kerja yang pertama semenjak beliau dilantik sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah, Selasa,20 September 2022.


Kepala Kejaksaan Negeri Pulang Pisau, Dr. Priyambudi, S.H., M.H. didampingi Ketua Ikatan Adhyaksa Darmakarini (IAD) Daerah Pulang Pisau Ny. Adhea Priyambudi beserta para Kepala Seksi, Kepala Sub Bagian Pembinaan, Kepala Sub Seksi serta para Jaksa Fungsional dan seluruh Pegawai Kejaksaan Negeri Pulang Pisau beserta pengurus Ikatan IAD Daerah Pulang Pisau menyambut langsung kedatangan Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah beserta rombongan di halaman kantor Kejaksaan Negeri Pulang Pisau.


Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah langsung melakukan pemantauan dan pengecekan di seluruh ruangan Kepala Seksi maupun Staf, dilanjutkan dengan melihat kondisi ruang Arsip, ruang Diversi Anak, tempat penyimpanan barang bukti, sel tahanan dan fasilitas kantor lainnya .


Setelah itu Kajati beserta PJU beranjak ke Aula Adhyaksa untuk mengikuti Video Conferrence Pembukaan Rapat Kerja Teknis (RAKERNIS) Kejaksaan Republik Indonesia Tahun 2022 yang dibuka langsung oleh Bapak Jaksa Agung RI.


Kegiatan dilanjutkan dengan briefing yang dipimpin oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah Pathor Rahman, S.H., M.H. diikuti seluruh pegawai Kejari Pulpis.Dalam Pembukaannya, Kajari Dr. Priyambudi, S.H., M.H. menyampaikan bahwa Kejaksaan Negeri Pulang Pisau bersama dengan Kejaksaan Negeri Barito Timur telah mencapai Wilayah Bebas Korupsi. Walaupun seluruh satker Kejaksaan RI pada tahun 2022 belum dapat diajukan sebagai Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), namun Kejaksaan Negeri Pulang Pisau tetap optimis sekaligus mempersiapkan untuk meraih WBBM pada tahun berikutnya.


Selanjutnya Dr. Priyambudi menyampaikan capaian kinerja yang telah dicapai oleh Kejari Pulpis selama tahun 2022, termasuk 2 Kampung RJ yang telah terlebih dahulu dibentuk pada awal tahun 2022 sehingga merupakan yang pertama di Kalimantan. Selain itu Kejari Pulpis jua mempunyai program unggulan Posko Desa & Mitra Binaan di lokasi Food Estate yang merupakan program pendampingan kepada masyarakat petani pada Proyek Strategi Nasional di bidang Ketahanan Pangan.


Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah juga berkesempatan memberikan arahan kepada jajaran Kejaksaan Negeri Pulang Pisau yang pada intinya mengingatkan pentingnya integritas yang harus dimiliki setiap pegawai dalam melaksanakan tugas dan fungsi Kejaksaan sehingga dapat menjaga marwah Kejaksaan. Bekerja dengan baik dan beriorientasi pada memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat di Kabupaten Pulang Pisau. Setiap Pejabat di Kejaksaan Negeri Pulang Pisau hendaknya mengingat bahwa jabatan merupakan amanah dari Tuhan Yang Maha Esa sehingga bekerja dipandang sebagai ibadah.


“Sebagai Penegak Hukum terutama Jaksa Penuntut Umum harus melaksanakan Tugas Pokok dan Fungsinya sesuai dengan Peraturan yang berlaku, dan mengutamakan Hati Nurani,ucap Pathor Rahman."


Selain itu Ketua Ikatan Adhyaksa Darmakarina (IAD) Wilayah Kalimantan Tengah Ny. Tyas Pathor Rahman beserta pengurus juga melaksanakan supervisi terhadap pelaksanaan kinerja organisasi IAD Daerah Pulang Pisau, yakni Bidang Sekretaris, Bidang Bendahara, Bidang Sosial Budaya, Bidang Ekonomi dan Bidang Pendidikan. Di sela - sela kegiatan tersebut, Kajati beserta Ibu dan rombongan meninjau Kebun Ketahanan Pangan dan Tanaman Obat Keluarga yang dirintis dan dikembangkan oleh IAD. Beliau beserta rombongan mencicipi madu kelulut yang merupakan


hasil budi daya IAD Pulpis dengan cara menyedot madu langsung dari sarangnya. Selanjutnya dilakukan panen bersama hasil Kebun Ketahanan Pangan, diantaranya sayur-sayuran yang ditanam secara hydroponik maupun di polybag, berupa pokcoy, sawi, bayam, kangkong, cabai, dll.


Dengan adanya kolam ikan, Kebun Ketahanan Pangan dan Tanaman Obat Keluarga ini maka Kejaksaan Negeri bersama IAD Daerah Pulang Pisau telah berbuat dan mengambil tindakan nyata untuk mendukung program pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan dan sekaligus berperan serta dalam ikut mengendalikan inflasi daerah.

Setelah panen Kajati beserta Ibu dan rombongan bersantai sejenak sambil menikmati suasana nyaman di Rumah Gazebo Lingkungan Sehat sebagai salah satu program kerja IAD Pulpis Bidang Sosial Budaya dan Bidang Pendidikan, sambil mencicipi hidangan ringan berupa rebus-rebusan dan minuman segar teh bunga telang yang tanamannya ditanam di Kebun Ketahanan Pangan. Selanjutnya rombongan juga meninjau Toko Mni IAD Daerah Pulang Pisau dan membeli beberapa souvenir khas Pulang Pisau.


Kegiatan selesai pada pukul 11.30 WIB selanjutnya Kajati beserta rombongan dan jajaran Kejaksaan Negeri Pulang Pisau menuju Kantor Bupati Pulang Pisau dan disambut secara adat atas kedatangannya di wilayah Kabupaten Pulang Pisau. Bupati beserta Forkopimda (Ketua DPRD, Kapolres, Dandim, pewakilan KaPN, Ka PA), Sekda, Asisten II, Staf Ahli dan para Kepala OPD menyambut secara adat atas kedatangan Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah dan dilanjutkan dengan acara ramah tamah .



Reporter: Fernando M.