PENA KHATULISTIWA
Agustus 09, 2022, 15:34 WIB
Last Updated 2022-08-09T08:34:28Z

Warga Perbatasan dengan Sukarela Serahkan Senjata Api Rakitan jenis Lantak ke Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 645/GTY

Advertisement

 


Penakhatulistiwa.id (Sambas)  - Warga Perbatasan dengan Sukarela Serahkan 1 (satu) pucuk senjata api rakitan jenis LANTAK kepada Pos KM 28 Satgas Pamtas Yonif 645/GTY, pada saat kegiatan Anjangsana Pengobatan Gratis Door to door di Dusun. Aping Desa. Sebunga Kecamatan Sajinga,Besar Kabupaten Sambas.


Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 645/GTY Letkol Inf Hudallah, S.H. dalam keterangan tertulisnya di Makotis Gabma Entikong Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Senin, 08 Agustus 2022.


Dansatgas mengatakan" penyerahan secara sukarela senpi rakitan jenis Lantak ini, sebagai wujud bukti kedekatan antara anggota Satgas dengan masyarakat perbatasan yang merupakan hasil dari kegiatan teritorial anjangsana yang setiap hari gencar dilakukan anggota Satgas Pamtas Yonif 645/GTY. Ujar Dansatgas."


“Program layanan kesehatan gratis door to door dilaksanakan setiap hari. Tenaga kesehatan yang berada di pos-pos melaksanakan anjangsana ke rumah-rumah warga untuk mengecek apakah ada warga yang sakit, lalu mengobati warga kampung yang sedang sakit tersebut. Tenaga kesehatan juga memberikan penyuluhan mengenai pola hidup sehat dan layak kepada setiap warga kampung yang rumahnya didatangi.Tegas Dansatgas."


Penyerahan senpi ini bermula ketika personil Pos KM 28 dipimpin Kopda Dartim Pambudi dan Takes Pos KM 28 melaksanakan kegiatan Anjangsana Pengobatan Door to door ke rumah Bpk. JN sekaligus mengecek kondisi istrinya bernama MY 58 thn, dikarenakan istrinya sebelumnya mengalami demam yg cukup tinggi, kemudian di periksa dan diberi obat oleh Takes Pos KM 28 Satgas Pamtas Yonif 645/Gty. 


Setelah selesai memeriksa kesehatan istri dari Bpk. JN sembari berbincang - bincang Kopda Dartim Pambudi bertanya kepada Bpk. JN, “apakah dilingkungan Dusun. Aping masih ada warga yang memiliki senjata api rakitan yang mungkin digunakan untuk berburu hewan di hutan karena di wilayah Dusun dikelilingi hutan yang masih sangat alami”. Kopda Dartim Pambudi juga menjelaskan dan memberi pemahaman atas bahaya memiliki/menggunakan senjata api rakitan tersebut.Pungkasnya."


Bpk. JN mengucapkan Terimakasih kepada personil Pos KM 28 Satgas Yonif 645/Gty yang telah membantu memeriksa dan mengobati istirnya. Kemudian Bpk JN menyampaikan bahwa beliau memiliki 1 (satu) pucuk senjata api rakitan jenis Lantak dan berniat menyerahkan nya kepada Pos KM 28 secara ikhlas, sukarela dan tanpa paksaan sebagai wujud simpati dan ucapan Terimakasih kepada Pos KM 28 Satgas Yonif 645/Gty yang telah membantu pengobatan dan perawatan istrinya secara khusus dan warga Dsn. Aping secara umum dalam hal melayani kesehatan bagi warga yang membutuhkan, kemudian Bpk. JN menyerahkan senjata api rakitan jenis Lantak tersebut kepada Kopda Dartim Pambudi  

(Pen Satgas Yonif 645/GTY)




Reporter:  Fernando M.