PENA KHATULISTIWA
Agustus 10, 2022, 21:04 WIB
Last Updated 2022-08-10T14:04:44Z

Satgas Pamtas RI-Malay Silaturahmi Ke Veteran RI Peringati HUT Kemerdekaan RI Ke-77

Advertisement

 


Penakhatulistiwa.id (Bengkayang)  - Dalam rangka memperingati Hari Veteran Nasional 10 Agustus dan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77, Pos Koki Jagoi Babang Satgas Pamtas Yonif 645/Gty Dipimpin Lettu Inf Prayudy beserta Babinsa Koramil Jagoi Serda I Nengah melaksanakan silahturahmi kepada Legiun Veteran RI diwilayah Kecamatan Jagoi Babang sekaligus pemberian Tali asih dan Sargal berupa Kaos dan Bendera Merah Putih.


Demikian dikatakan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 645/Gty, Letkol Inf Hudallah, S.H. dalam keterangan tertulisnya di Makotis Gabma Entikong, Kalimantan Barat. Rabu, 10 Agustus 2022


Di katakan Dansatgas kehadiran Satgas Pamtas Yonif 645/Gty di sektor barat perbatasan Kalimantan Barat tidak hanya menjaga wilayah perbatasan. Tetapi juga harus bisa menjadi solusi bagi kesulitan masyarakat di wilayah perbatasan, salah satunya adalah dengan silahturahmi dan memberikan Tali Asih kepada Legiun Veteran RI diwilayah Kecamatan Jagoi Babang dan sekaligus membagikan Sargal berupa Kaos dan Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati Hari Veteran Nasional 10 Agustus dan HUT Kemerdekaan RI ke-77.


Peringatan Hari Veteran Nasional ini dilakukan untuk mengenang jasa-jasa para pejuang nasional, salah satunya ketika gencatan senjata 10 Agustus 1949 setelah para pejuang kemerdekaan Republik Indonesia melawan tentara Belanda.


"Hari Veteran Nasional telah diatur dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 30 Tahun 2014 Tentang Hari Veteran Nasional. Hanya terdapat satu organisasi resmi yang menaungi para Veteran Nasional Indonesia yang dinamakan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI). Para anggotanya terdiri dari para pejuang kemerdekaan yang membantu penegakan kemerdekaan Bangsa Indonesia," Terang Dansatgas.


Kegiatan silahturahmi yang dilakukan Satgas Pamtas kepada LVRI yakni Bpk jupri (72th), Bpk Toner (74th), dan Bpk Niha (74th) dilakukan sebagai bentuk perhatian generasi TNI AD kepada Para Pejuang yang telah lebih dulu mengabdikan diri dalam menjaga kedaulatan NKRI, serta agar tetap menjaga semangat juang pengabdian Satgas Pamtas Yonif 645/Gty.


"Satgas Pamtas Yonif 645/Gty di wilayah perbatasan Kalbar sector barat, akan terus selalu mempertahankan jiwa nasionalisme dan kecintaan terhadap rakyat perbatasan dan akan selalu membantu setiap kesulitan yang ada di masyarakat perbatasan.,"Tutup Dansatgas


(Pen Satgas Pamtas Yonif 645/Gty)


Reporter:Fernando M.