PENA KHATULISTIWA
Agustus 22, 2022, 06:55 WIB
Last Updated 2022-08-21T23:55:01Z

Satgas Pamtas Distribusikan Sargal Kepada Warga&Anak Sekolah di Perbatasan

Advertisement

 


Penakhatulistiwa.id.(Sambas) -Pos Sei Bening Satgas Pamtas Yonif 645/Gty Dipimpin Serda Rohid beserta 6 orang anggota mendistribusikan Sargal berupa, Kaos Merah-Putih, Tas Mabes TNI, Bola kaki, Bola Tackrau, Net tackrau dan Bola Voli untuk Warga Perbatasan dan Anak-anak Sekolah SD 02 Seining di perbatasan, 


Kegiatan tersebut merupakan wujud kepedulian Satgas Pamtas yang masih dalam suasana Memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, bertempat di Dusun Air Bening Desa. Sei Bening Kecamatan Sajingan Besar Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.


Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif 645/GTY Letkol Inf Hudallah, S.H., dalam rilis tertulisnya di Makotis Gabma Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. 19 Agustus 2022.


Dansatgas mengatakan, Kegiatan pendistribusian Sargal kepada Masyarakat  perbatasan salah satunya sebagai wujud bentuk kepedulian terhadap warga perbatasan dan Anak-anak sekolah untuk meringankan atau membantu kesulitan warga di sekelilingnya termasuk wilayah perbatasan yang sesuai dengan arahan Kasad Jendral TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M. dalam perintah harian kasad poin 5 (lima) dan sekaligus masih dalam suasana Memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, sebagai wujud meningkatkan Rasa Persatuan dan Kesatuan serta kecintaan kepada NKRI,"Ujar Dansatgas.


Selanjutnya menurut UU No. 34 Tahun 2004 ttg TNI dan PERMENHAN No. 13 Tahun 2014 ttg kebijakan pengamanan wilayah perbatasan, Selain tugas pokok Satgas Pamtas menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah perbatasan, satgas pamtas juga memiliki tugas dan tanggung jawab terhadap pemberdayaan terhadap masyarakat perbatasan dalam bentuk bidang territorial yaitu diantaranya adalah membantu kesulitan masyarakat disekelilingnya,"Terang Dansatgas.


Kegiatan penyerahan sargal ini diberikan secara  langsung kepada Sirus, Kepala Dusun Sei bening,  Gaut kepala Sekolah SD 02 Seining), Bapak Junggai (Ketua Adat Sei Bening,  Amir Ketua RT Sei Bening, Dan Kemudian diberikan kepada anak - anak sekolah SD 02 Seining dengan harapan semoga dapat meningkatkan minat dan semangat belajar murid-murid kedepanya dan juga untuk mewujudkan Indonesia lebih maju lagi dalam bidang Pendidikan khususnya anak-anak perbatasan,"Ujarnya.


Bapak Gaut (kepala Sekolah SD 02 Seining) perwakilan dari sekolah dan warga perbatasan, mengucapkan terima kasih kepada bapak-bapak TNI khususnya Pos Sei Bening Satgas Pamtas Yonif 645/Gty atas perhatian dan pembagian Sargal Kaos Merah-Putih, Tas Mabes TNI, Bola kaki, Bola Tackrau, Net tackrau dan Bola Voli, semoga apa yang telah diberikan ini dapat bermanfaat bagi murid-murid kami dan warga yang ada diperbatasan.


(Pen Satgas Pamtas Yonif 645/GTY)

Reporter: Fernando M.