PENA KHATULISTIWA
Juni 15, 2022, 11:22 WIB
Last Updated 2022-06-15T04:22:11Z
Desa

Program Ketahanan Pangan, Pemdes Setuntung Hadirkan Narasumber dari Dinas Pertanian

Advertisement

Pelatihan bagi calon penerima program ketahanan pangan Desa Setuntung tahun 2022

PENA KHATULISTIWA (SEKADAU) - Pemerintah Desa Setuntung, Kecamatan Belitang siap menjalankan program ketahanan pangan yang dialokasikan sebesar 20 persen dari Dana Desa tahun 2022.


Untuk memantapkan pelaksanaan program tersebut, Pemdes Setuntung menghadirkan narasumber dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Sekadau dalam kegiatan pelatihan bagi kelompok tani dan dasawisma penerima program ketahanan pangan.


Pelatihan digelar pada Rabu (5/6).


Kepala Desa Setuntung, Mohamad Saleh mengatakan program ketahanan pangan sudah dialokasikan sebesar 20 persen untuk semua desa seluruh Indonesia.


Pemdes Setuntung, tambah Saleh, mengambil kebijakan berupa bantuan bibit ikan, tanaman palawija dan padi bagi kelompok-kelompok penerima.


"Kelompok yang ikut dalam pelatihan dan akan mendapat bantuan terdiri dari kelompok tanaman sebanyak empat kelompok, kelompok perorangan yang berkebun palawija sebanyak 12 orang, kelompok perorangan budidaya ikan empat orang. Sedangkan dasawisma 22 kelompok," jelas Mohamad Saleh.


Ia berterimakasih atas kehadiran serta materi yang diberikan oleh narasumber dari DKP3 Kabupaten Sekadau. Ia berharap para peserta dapat menyimak dan menerapkan ilmu yang diberikan narasumber.


"Ilmu ini penting agar dalam praktiknya nanti kita paham bagaimana mengelola kebun ataupun kolam ikan dengan benar supaya hasilnya maksimal. Karena inilah tujuan pemerintah menyelenggarakan program ketahanan pangan," tutur Saleh.


Ia berharap, program tersebut membuahkan hasil terbaik untuk menunjang perekonomian masyarakat.


"Mudah-mudahan beberapa bulan ke masyarakat sudah menikmati lihat hasilnya," ucap Saleh.*


Red