PENA KHATULISTIWA
Mei 07, 2022, 07:17 WIB
Last Updated 2022-05-07T00:17:14Z
Parlemen

Herlina Yanti Serahkan Alsintan Kepada Petani Di Kaltim

Advertisement

 

Dok istimewa PDIP

PENAKHATULISTIWA.ID(PENAJAM) - Anggota DPRD Provinsi Kaltim komisi I Herliana Yanti menyerahkan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) COMBAIN HERVESTER MERK JAVA TECH,(Pruduk Lokal Pati Jateng) 


Penyerahan bantuan tersebut langsung diserahkan Herliana Yanti kepada kelompok tani TUNAS MUDA Kel.Sesumpu Kec.Penajam Kab.PPU Jum'at (06/05/22).


Herliana Yanti juga menjelaskan Bantuan ini juga di kelola langsung oleh dinas Ketahanan pangan Provinsi Kaltim Tahun  Anggaran 2021/2022


Herliana Yanti  berharap, semoga bantuan Alsintan yang disalurkan kepada kelompok tani kedepan nya bermanfaat bagi para petani. Kemudian, mampu mendapatkan hasil yang melimpah dan petani di Kel.Sesumpu  bisa semakin produktif.Pungkas nya.


Ia menjelaskan, Kabupaten Penajam Paser Utara merupakan salah satu lumbung pangan terbesar di Kaltim dengan kualitas hasil panen yang bagus. Sehingga, dengan bantuan  ini diharapkan mampu menunjang para petani untuk mencapai hasil panen yang optimal. 


Masih menurut Herliana Yanti, dengan adanya dukungan Alsintan ini petani juga bisa meningkatkan transfer teknologi Lokal  dalam peningkatan intensitas pertanaman.


"Yang paling penting bantuan alsintan ini tidak disalah fungsikan untuk pribadi atau perorangan saja, karena ini adalah untuk kelompok," tandasnya.


Ia menegaskan, siapapun boleh mengunakannya untuk  asal sesuai ketentuan yang berlaku. Dalam hal ini, pihak kelompok tani sendiri yang mengatur, bagaimana prosedur dalam meminjam Alsintan ini.


Sementara itu,Perwakilan  Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten PPU, Ibu Ria memberikan apresiasi kepada Anggota DPRD Prov Kaltim Herliana Yanti yang sudah peduli pada petani di Kab.PPU.


Pihaknya berharap, bantuan Alsintan ini dapat menunjang dan memaksimalkan hasil pertanian di Kabupaten PPU melalui kelompok tani yang bersangkutan.


Terkait bantuan itu, Ketua Kelompok tani Bapak Ramli  merasa senang dan bersyukur mendapatkan bantuan tersebut, karena Alat Bantu Panen  ini akan digunakan para petani di wilayahnya Kel.Sesumpu.


"Alhamdulillah dapat bantuan ini, ya semoga memberikan manfaat untuk kelompok dan petani yang lain," ungkap Ketua Kelompok Tani Tunas Muda Kepada Media Pena Katulistiwa._/



PENA KHATULISTIWA

Kontributor Kaltim

Roni Al Imron