PENA KHATULISTIWA
Maret 01, 2022, 21:07 WIB
Last Updated 2022-03-01T14:07:25Z

23 Desa Di Sanggau Akan Menggelar Pilkades Serentak 2022. Berikut Syarat Nyalon Kades

Advertisement

 

Alian S.St Kepala Dinas Pemerdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Kabupaten Sanggau

PENAKHATULISTIWA.ID,(SANGGAU)- Sebanyak 23 Desa di Kabupaten Sanggau Provinsi Kalimantan Barat Akan Menggelar Pemilihan Kepala Desa Tahun 2022 ini.


Kepala dinas Pemerdayaan Masyarakat Desa (PMD) kabupaten sanggau Alian mengungkapkan setiap masyarakat memiliki hak masing-masing untuk maju sebagai calon kepala desa, selagi memenuhi syarat boleh-boleh saja. 


"Selagi memenuhi syarat, ya sah-sah saja namun tentu setiap yang akan mencalonkan diri sebagai kadidat akan melewati berbagai proses, sehingga memenuhi kriteria sebagai calon pemimpin," ungkapnya. Selasa(01/03/22)


Selain itu Alian, juga menambahkan untuk mencalonkan diri sebagai bakal calon kepala desa pemerintah pusat dalam Permendagri nomor 112 dan 78 tahun 2019 sebagai persyaratan umum yang telah ditambah oleh Pemkab Sanggau dan telah disepakati oleh tim pembina kabupaten yang meliputi OPD termasuk Bupati Sanggau.


"Adapun persyaratan yang harus dipenuhi untuk inkamben yakni harus menyertai surat bebas tunggakan APBDes di tahun sebelumnya, bila masih ada tunggakan berarti ada desa tersebut masih ada PR penyelesaian temuan Inspektorat yang belum ditindak lanjuti," bebernya


Kemudian, lanjut Alian, yang kedua yakni bagi calon Kades baik Inkamben maupun yang umum syarat tambahan yaitu mereka harus memiliki surat keterangan bebas narkoba dari Badan Narkotika Nasional (BNN)


"Itu juga telah kita sepakati harus di uji di Badan Narkotika Nasional (BNN) dengan 6 parameter, mengapa demikian? karna akan muncul indikasi-indikasi ketergantungan terhadap obat-obat terlarang setelah diuji," Ujarnya


Selain itu Alian, juga menghimbau kepada masyarakat yang akan melaksanakan Pilkades ini untuk tidak terpancing dengan hal-hal yang bersipat bantuan baik berupa barang maupun uang dari calon kepala desa, sebab kata Alian itu akan merusak pemilihan yang kita harapkan secara tertip dan aman.


Reporter: Is