PENA KHATULISTIWA
Februari 23, 2022, 16:25 WIB
Last Updated 2022-02-23T09:25:27Z
Desa

Pemdes Setuntung Salurkan Dana Operasional PAUD

Advertisement

Kades Setuntung, Mohamad Saleh, S.AP menyerahkan bantuan dari dana desa  kepada pengelola PAUD Harapan

PENA KHATULISTIWA (SEKADAU) - Pemerintah Desa Setuntung, Kecamatan Belitang menyalurkan dukungan dana kepada PAUD "Harapan" Desa Setuntung, Rabu (23/2).


Penyerahan dana dilakukan langsung oleh Kepala Desa Setuntung, Mohamad Saleh kepada ketua PAUD Harapan, Pujiem di kantor Desa Setuntung.


Ketua PAUD Harapan, Pujiem mengatakan dukungan berupa dana untuk operasional PAUD disalurkan setiap tahun oleh Pemdes Setuntung.


"Tentu kami sangat terbantu atas dukungan pemerintah desa. Dana ini kami pergunakan untuk operasional dan honor pengajar PAUD," ujar Pujiem.


Ia menambahkan, dukungan dana dari Pemdes Setuntung kepada PAUD Harapan sudah mulai sejak PAUD berdiri pada tahun 2012 silam. Bantuan terus berjalan sampai hari ini.


"Alhamdulilah dengan dukungan dari desa, proses pembelajaran di PAUD lancar sampai sekarang," tutur Pujiem.


Kades Setuntung Mohamad Saleh mengungkapkan, Pemdes Setuntung konsisten dalam memperhatikan pembangunan pendidikan, khususnya pendidikan anak usia dini.


"Kita menyadari betapa pentingnya pendidikan untuk kemajuan bangsa. Kita selalu mendukung sesuai dengan kemampuan dan aturan yang berlaku," ujar Saleh.


Untuk tahun 2022 ini, kata Saleh, dana desa sudah diatur sedemikian rupa oleh pemerintah pusat.


"Untuk BLT dialokasikan sebesar 40 persen. Untuk ketahanan pangan 20 persen, untuk penanganan pandemi covid-19 sebesar 8 persen. Itu sudah diatur dari pusat. Nah, sisanya yang 32 persen ini lah yang dikelola, termasuk untuk PAUD, Posyandu dan sebagainya," jelas Saleh.


Oleh karena itu, sambung Saleh, bantuan untuk PAUD pada tahun ini nilainya tidak sebesar sebelumnya.


"Sebenarnya kita prihatin. Namun kita tidak bisa berbuat banyak, karena kita juga harus patuh pada aturan," ucap dia.


Meski demikian, ia berharap pengelola dan para pengajar PAUD tetap semangat dalam mendidik anak-anak Setuntung.*


Red