PENA KHATULISTIWA
Januari 21, 2022, 13:55 WIB
Last Updated 2022-01-21T06:55:31Z

Sijago Merah Kembali Mengamuk Di Sanggau

Advertisement

 


PENAKHATULISTIWA.ID,(SANGGAU)- Kembali lagi si Sago merah menghanguskan rumah warga yang terletak di pasar Balai Batang Tarang.Adapun musibah kebakaran  rumah warga tersebut terjadi sekitar jam 15.00 Wib,yang tentunya beralamatkan di RT 04, RW 04, Dusun Melaban, Desa Hilir, Kecamatan Balai Batang Tarang, Kabupaten Sanggau, Kalbar. Kamis 20 Jan 2022.

 

Menurut Keterangan Dari Danramil Balai Batang Tarang Peltu Imam Solikin" membenarkan adanya kejadian musibah kebakaran Rumah warga tersebut di wilayah Koramil 1204-10 pada jam 15:00."


" Imam Solikin selaku Danramil yang sempat ikut terjun memadamkan api tersebut juga mengatakan,bahwa untuk kronologisnya sumber api itu diketahui berasal dari gudang onderdil motor milik Bapak Asang.Dengan upaya masyarakat setempat bersama-sama untuk berusaha memadamkan api tersebut,namun api itu tetap saja belum bisa di padamkan.Di karenakan kondisi api sangat besar hingga merambat sampai menuju ke ruko sebelah."



"Kemudian dari Tim pemadam kebakaran Batang Tarang yang juga sudah berada di lokasi kejadian kebakaran berlangsung meminta bantuan kepada Pemadam kebakaran yang sekaligus diterjunkan beberapa unit tim pemadam kebakaran yakni diantaranya dari Tayan Hulu 2 unit,  tayan Hilir 1 unit, Ngabang 1 unit, Parindu 1 unit,  PT. Antam 1 unit dan Sanggau 1 unit. Jadi jumlah tim pemadam kebakaran yang diterjunkan setiap unit yang diturunkan di 2 kabupaten disetiap kecamatan sejumlah 8 unit mobil pemadam kebakaran, ikut memadamkan api dalam bencana kebakaran tersebut" tambah Danramil Iman Solikin saat itu.


"Pada jam 17:00 wib api dapat dipadamkan dengan aman kondusif dan hanya saja untuk kerugian material milik warga dalam musibah kebakaran itu di perkirakan mencapai 2 M, ungkap imam Solikin Selaku Danramil Batang Tarang saat itu."


"Kemudian,di tempat yang berbeda pula, Kapolsek Balai Batang Tarang juga  mengakatakan hal yang sama, bahwa membenarkan telah terjadi musibah kebakaran rumah warga dan menurut penyampaiannya yakni" Kapolsek Balai Batang Tarang, Iptu Sutono pada hari kamis tanggal 20 Januari 2022 sekira pukul 15.00 Wib telah terjadi Kebakaran terhadap Sepuluh (10) rumah warga dari 7 orang pemilik di RT 04, RW 04, Dusun Melaban, Desa Hilir, Kecamatan Balai Batang Tarang, Kabupaten Sanggau, Kalbar.


"Adapun identitas data pemilik rumah yang terkena musibah adalah bangunan tempat tinggal Sali, selaku ketua DAD Kecamatan Balai Batang Tarang, Rumah dan bengkel Julianto ( jipah/Asang) pemilik bengke montor, Rumah tempat tinggal Suwanto, Rumah tempat tinggal Suyati, Ruko 2 pintu untuk sembako milik Akun, Warung makan milik Sapriansyah, Rumah tempat tinggal milik Saupan, jadi total 10 ruko atau rumah dari 7 orang pemilik," ucap Kapolsek.


"Dalam kejadian kebakaran tersebut tidak ada memakan korban jiwa dan hanya mengalami kerugian barang dan material. Kejadian kebakaran tersebut merembet ke bangunan lain yang ada disebelahnya , karena jarak antar bangunan sangat dekat ( Berderetan ). Kerugian materi berupa perabot rumah tangga, barang elektronik dan pakaian, dan barang lainnya, perkiraan kerugian yang di alami belum bisa ditaksir kan," ucap Sutono.


(Fernando M)