PENA KHATULISTIWA
Desember 23, 2021, 16:35 WIB
Last Updated 2022-01-04T05:26:32Z
BeritaIP3KPemda

Wujud IP3K, 20 Poktan Terima Bantuan Bibit dari Pemkab Sekadau

Advertisement

Wakil Bupati Sekadau, Subandrio menyerahkan bantuan bibit kepada kelompok wanita tani di Kabupaten Sekadau

PENA KHATULISTIWA (SEKADAU) - Wakil Bupati Sekadau, Subandrio menyerahkan bantuan bibit pertanian kepada 20 kelompok tani sayur dan buah di Kabupaten Sekadau. 


Bantuan diserahkan pada Kamis (23/12) di Balai Benih Ikan Kemawan, Desa Mungguk Kecamatan Sekadau Hilir.


Selain bantuan bibit, Wabup juga melakukan pelepasan indukan ikan Nila, Mas, dan Lele di kolam BBI.


"Pemkab Sekadau hari ini merealisasikan program unggulan IP3K di bidang pertanian dan perikanan berupa pemberian bibit pertanian kepada 20 kelompok tani sayur dan semangka serta mengganti induk ikan Nila, Mas, Lele, yang sudah berumur 3 tahun lebih," ujar Wabup.


Bantuan bibit sayur dan buah tersebut diharapkan dikelola dengan baik oleh kelompok-kelompok tani. Sehingga, dapat meningkatkan perekonomian keluarga sekaligus memenuhi kebutuhan pasar 


"Karena untuk pasar kita Sekadau sejauh ini suplai sayur, buah dan ikan masih beli dari luar daerah. Ke depan kita harapkan kebutuhan pasar Sekadau bisa kita suplai dari kelompok-kelompok ini," tutur Wabup.


Ke depan, tambah dia, Pemkab akan membentuk koperasi untuk menampung hasil panen kelompok tani. Sehingga, harga beli sayur, buah dan ikan stabil.


"Koperasi ini yang nanti beli hasil panen petani dan memasarkan hasilnya. Kita juga akan siapkan dua unit truk khusus untuk mengangkut hasil panen ke pasar," terang Wabup.*


BGP