PENA KHATULISTIWA
Desember 06, 2021, 13:55 WIB
Last Updated 2022-01-04T05:26:32Z
BeritaIP3KPemda

GOW Sekadau Sosialisasikan Kesling Paska Banjir di Seberang Kapuas

Advertisement

Ketua GOW Sekadau, Wiwin Atriana Subandrio menyerahkan bantuan kepada warga terdampak banjir di Desa Seberang Kapuas

PENA KHATULISTIWA (SEKADAU) - Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Sekadau mengadakan sosialisasi kesehatan lingkungan paska banjir sekaligus bakti sosial di Desa Seberang Kapuas Kecamatan Sekadau Hilir, Senin (6/12).


Ratusan warga hadir dalam kegiatan tersebut.


Ketua GOW Kabupaten Sekadau, Wiwin Atriana Subandrio mengatakan, narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Kesehatan akan memberikan materi kepada masyarakat.


"Nanti akan dipaparkan dampak paska banjir terhadap lingkungan dan kesehatan. Saya berharap bapak ibu simak betul-betul materi yang disampaikan dan teranggkan kepada keluarga dan teman-temannya," pesan Wiwin dalam sambutannya.


"GOW juga sekaligus mengambil momen ini untuk berbagi kepada masyarakat yang kemarin terdampak banjir," tambah Wiwin Subandrio.


Kepala Desa Seberang Kapuas, Yemmy Ibrahim berterimakasih atas antusiasme warga Seberang Kapuas untuk datang dan mendengarkan materi dalam kegiatan tersebut.


"Ini sangat penting untuk menambah pemahaman kita tentang bagaimana menjaga lingkungan agar tetap bersih, serta ancaman penyakit apa saja yang berpotensi menyerang paska banjir," ucap Yemmy.


Yemmy juga mengungkapkan pada Kamis 9 Desember mendatang akan digelar vaksinasi di Desa Seberang Kapuas sebanyak 500 dosis.


Wakil Bupati Sekadau, Subandrio mengatakan banjir tahun ini terbilang besar. Dampak yang ditimbulkan pun cukup berat.


"Tahun depan kita akan buat database banjir. Jadi ketika ketinggian banjir satu meter, kita sudah tahu ada berapa rumah yang terdampak. Sehingga kita tidak repot lagi mendata saat akan menyalurkan bantuan," terang Wabup.


Wabup juga meminta tiap kepala desa yang wilayahnya terdampak banjir untuk mendata kawasan pertanian dan perkebunan yang terdampak.


"Kita tahu sawah, ladang dan kebun yang terendam banjir bisa dipastikan gagal panen. Saya minta para Kades supaya didata, untuk kita salurkan bantuan bibit unggul tahun depan," pesan Subandrio.


Ia juga menginginkan tiap-tiap desa menyiapkan satu lokasi untuk sentra pengungsian.


"Terkait sosialisasi kesehatan paska banjir ini, semoga bermanfaat. Menambah wawasan bapak ibu. Semoga kita semua selalu sehat," pungkas Wabup.*


BGP