PENA KHATULISTIWA
Agustus 05, 2021, 19:24 WIB
Last Updated 2021-08-05T12:24:40Z
BeritaDesaKalbarSekadau

Warga Desa Tembesuk diberi "Kuliah" Budidaya Madu Kelulut

Advertisement

Bimtek budidaya madu kelulut di Desa Tembesuk, Kecamatan Nanga Mahap

PENA KHATULISTIWA (SEKADAU) - Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Kesatuan Pengelolaan Hutan(KPH) Wilayah Kabupaten Sekadau menggelar bimbingan teknis(Bimtek) budidaya madu kelulut (trigona) di Desa Tembesuk, Kecamatan Nanga Mahap, Kamis (5/8).


Kepala Desa Tembesuk, Riyadi, bersyukur atas pelaksanaan Bimtek yang digelar oleh UPT KPH dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalbar.


Ia berpesan agar peserta dengan serius mengikuti Bimtek tersebut. Sehingga memperoleh ilmu pengetahuan dalam membudidaya madu kelulut.


"Tentu kami sangat bersyukur atas kerjasama UPT KPH Wilayah Sekadau yang telah bersedia menyosialisasikan pentingnya menjaga hutan, serta memberi ilmu pengetahuan dalam membudidayakan madu kelulut," ujar Riyadi.


"Selain dapat menjaga hutan, madu kelulut juga dikenal kaya akan manfaat, serta banyak diminati. Jika dengan tekun membudidayakan madu kelulut tersebut maka hasilnya akan melimpah," tambah Kades.


Bambang Sugiharto, Kepala KPH Wilayah Sekadau mengatakan, sebelumnya telah dilaksanakan sosialisasi pembentukan Kelompok Tani Hutan di Desa Tembesuk.


"Dan ini merupakan kelanjutan dari program kita. Sebelumnya kita sudah sosialisasikan pembentukan petani hutan, salah satunya adalah membudidayakan madu kelulut alias trigona," kata Bambang Sugiharto.


Bambang menuturkan, dengan membentuk petani hutan yang membudidayakan madu hutan kelulut, dapat menumbuhkan rasa peduli terhadap kelestarian hutan.


"Yang kita ketahui hutan sangat banyak memberi manfaat. Mari kita lestarikan hutan dengan memanfaatkan yang ada," tutupnya.*


Iwan Soleh

Editor : BGP