PENA KHATULISTIWA
Juli 16, 2021, 12:01 WIB
Last Updated 2021-07-16T05:01:40Z
BeritaIP3KKalbarPemdaSekadau

Temui Ratusan PPL, Aron Ingin Program IP3K Maksimal

Advertisement

Pertemuan Bupati Sekadau dengan seluruh PPL untuk mengoptimalkan program IP3K

PENA KHATULISTIWA (SEKADAU) - Bupati Sekadau, Aron didampingi istri mengadakan pertemuan dan diskusi dengan seluruh penyuluh pertanian lapangan (PPL) di Kabupaten Sekadau, Jumat (16/7) di gedung PKK.


Pertemuan tersebut dalam rangka memaksimalkan program Infrastruktur, Perkebunan, Pertanian dan Perikanan untuk Kesejahteraan (IP3K) yang merupakan program kerja utama Pemkab Sekadau dibawah kepemimpinan Aron-Subandrio.


"Kita wajib mendukung program pemerintah daerah yaitu IP3K. Saya berharap kawan-kawan PPL rutinitasnya tidak hanya berangkat dari rumah menuju desa binaan, kemudian pulang. Kalau ada kegiatan di desa PPL perlu ikut hadir dan sampaikan program pemerintah daerah," ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sekadau, Sandae dalam sambutannya.


Bupati Sekadau, Aron mengatakan PPL merupakan ujung tombak suksesnya program IP3K. Oleh karena itu, ke depan akan sering diadakan pertemuan dengan PPL untuk evaluasi.


"Saya mengharapkan kerjasama yang baik dari rekan-rekan PPL. Ini merupakan tugas dan tanggungjawab kita untuk menyejahterakan masyarakat sesuai visi misi kami," kata Aron.


Aron mengungkapkan, sektor pertanian dan perkebunan merupakan salah satu yang cenderung stabil di tengah pandemi Covid-19. Misalnya kelapa sawit.


"Kita bisa lihat daerah yang mengandalkan sektor pariwisata banyak yang anjlok, karyawan hotel bamyak di-PHK. Saya tahu PPL tugasnya berat. Ada yang satu krang rangkap dua sampai tiga desa. Namun kami akan ambil langkah, daerah yang blm ada PPL mungkin kita angkat honorer," tutur Aron. 


Dalam APBD Perubahan tahun 2021, labjut Aron, Pemkab Sekadau sudah akan mulai menyalurkan bantuan bibit kepada masyarakat melalui kelompok tani.


"Saya minta rekan-rekan PPL dorong bentuk kelompok tani baru yang akan menerima bantuan bibit. Kelompok yang sudan ada tidak apa-apa kita tidak ganggu. Sesuaikan juga. Kalau daerahnya tidak memungkinkan untuk sawit, bisa komoditas lain yang cocok," pesan Bupati.


Aron turut menyarankan PPL agar menggalakkan petani untuk membudidayakan jagung.


"Kami akan cari investor untuk menampung hasil panen petani jagung. Ini juga salah satu komoditas yang menjanjikan," ucap Aron.


Ia juga menyoroti soal kualitas bibit ikan di BBI yang cenderung belum memuaskan. Karena itu, ia meminta setiap BBI agar dioptimalkan.


"Tahun 2022 bidang perikanan berkantor di BBI. Kita akan perbaiki BBI. Kita ingi. Pastikan bibit ikan mutunya bagus," tutupnya.*


BGP