PENA KHATULISTIWA
Mei 08, 2021, 17:17 WIB
Last Updated 2021-05-08T10:17:45Z
BeritaKalbarPWIsintang

Wujud Solidaritas, PWI Sintang Santuni Keluarga Parli

Advertisement

Ketua PWI Sintang, Tantra Nur Andi menyerahan bingkisan Idulfitri kepada istri Parli

PENA KHATULISTIWA (SINTANG) - Sebagai bentuk dukungan moril terhadap Parli, salah seorang wartawan di Kabupaten Sintang yang terjerat kasus hukum, PWI Kabupaten Sintang memberikan bingkisan Idulfitri pada istrinya. 


Bantuan yang merupakan sumbangan dari anggota PWI Kabupaten Sintang, diberikan pada Sabtu (8/5) di Teras Kota, Sintang.


Paket Idulfitri dari PWI Kabupaten Sintang yang diberikan pada istri Pali, berupa sembako, kue, minuman dan sejumlah uang.


Ketua PWI Kabupaten Sintang, Tantra Nur Andi mengatakan, bantuan paket Idulfitri untuk keluarga Parli merupakan bentuk solidaritas dan support dari seluruh anggota PWI Kabupaten Sintang pada Parli. 


Tantra mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya pada seluruh anggota PWI Kabupaten Sintang yang sangat peduli terhadap sesama. 


"Terima kasih saya ucapkan atas kekompakan seluruh anggota PWI yang peduli terhadap sesama wartawan," ucapnya.


Terhadap kasus hukum yang menimpa Parli, Tantra menegaskan, PWI Kabupaten Sintang tetap mengedepankan asas praduga tak bersalah pada yang bersangkutan.


"Sampai saat ini, kami berkeyakinan, Parli yang kini terjerat kasus hukum dan ditahan di Polres Sintang tidak bersalah. Karena itu, kami akan terus memberikan dukungan terhadap Parli dan mengawal kasusnya," tegas Tantra.


Ia mengajak seluruh wartawan untuk tetap mengedepankan asas praduga tak bersalah terhadap sejumlah wartawan yang terjerat kasus hukum, sampai ada putusan tetap dari pengadilan. 


Tantra berharap, seluruh wartawan, terutama anggota PWI Kabupaten Sintang untuk menjadikan kasus yang dialami Parli, sebagai pembelajaran. 


"Mari kita tetap menjaga profesionalisme sebagai wartawan, dengan Mematuhi kode etik jurnalistik dan UU Pers. Mari kita bersama-sama menjaga harkat dan martabat profesi wartawan. Mari kita wujudkan visi PWI Kabupaten Sintang, yakni bersama PWI Sintang, wartawan profesional, bermartabat dan beretika," ajaknya.


Tantra meminta sebuah pihak, baik pemerintah maupun masyarakat untuk mengedepankan cara-cara yang lebih humanis, dan mengedepankan musyawarah jika terjadi persoalan dengan wartawan. 


"Janganlah terlalu mudah menempuh jalur hukum jika ada persoalan dengan wartawan. Tapi sebaiknya, mengedepankan jalur musyawarah dan penyelesaian dengan cara kekeluargaan jika ada persoalan dengan wartawan," pintanya.


Tantra mengharapkan, semua pihak menghormati wartawan yang sedang melaksanakan kegiatan jurnalistiknya.


"Wartawan bukanlah musuh pemerintah, wartawan bukanlah musuh masyarakat. Tapi wartawan adalah sahabat untuk semua pihak," tegasnya.


Ade Indriyani, istri Parli menyampaikan terima kasih atas kepedulian PWI Kabupaten Sintang terhadap suaminya. 


"Terima kasih banyak, atas bantuan dari PWI," katanya singkat.*


Siaran pers PWI Sintang