PENA KHATULISTIWA
Mei 25, 2021, 10:34 WIB
Last Updated 2021-05-25T03:34:36Z
Balai KaranganBeritaIP3KKalbarPemdaSekadau

Tegas, Bupati Sekadau Minta Perangkat Daerah Berpedoman pada RPJMD

Advertisement

Konsultasi publik perancangan RPJMD Kabupaten Sekadau 2021-2026. Bupati Sekadau menegaskan perangkat daerah berpedoman pada RMJPD dalam menyusun renstra

PENA KHATULISTIWA (SEKADAU) - Pemerintah Kabupaten Sekadau menjaring saran dan masukan dalam tahap awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026.


Pada Selasa (25/5), Pemkab mengadakan konsultasi publik di aula lantai II kantor Bupati Sekadau yang dihadiri berbagai kalangan, termasuk akademisi.


Bupati Sekadau, Aron dalam paparannya mengatakan kerangka acuan RPJMD 2021-2026 yakni visi dan misi Kabupaten Sekadau. 


Visi Pemkab yaitu Terwujudnya Kabupaten Sekadau yang Maju, Sejahtera dan Bermartabat merupakan kondisi ideal yang ingin dicapai selama lima tahun ke depan.


"Kami mohon saran dan masukan, koreksi, serta analisa dari seluruh stakeholder untuk dokumen awal RPJMD ini," ucap Aron.


Terdapat lima poin utama yang menjadi perhatian khusus Pemkab Sekadau dalam penyusunan RPJMD ini.


Yang pertama, kata Bupati, seluruh perangkat daerah harus mampu menerjemahkan visi misi daerah serta menyusun indikator kerja yang terukur dan relevan untuk menyelesaikan daerah seperti rendahnya IPM, kemiskinan, pertumbuhan ekonomi, pengangguran dan lain-lain.


Yang kedua, perangkat daerah diminta menyusun program kegiatan yang orientasinya berpihak kepada masyarakat.


"Yang ketiga, isu strategis seperti pemulihan ekonomi akibat dampak pandemi menjadi PR kita bersama," jelas Aron.


Keempat, perangkat daerah dalam menyusun rencana strategis masing-masing instansi harus mengacu pada rancangan awal RPJMD.


Terakhir, Aron meminta seluruh stakeholder mampu menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan cepat meskipun pandemi covid-19 memberikan dampak yang luar biasa pada perencanaan.


"Mengutip pernyataan Presiden, kita harus siap untuk melakukan perubahan secara cepat dan menyesuaikan diri dengan tantangan dan peluang ditengah pandemi. Yang pada dasarnya tujuan utama adalah menyejahterakan masyarakat," pungkas Bupati.*


BGP