PENA KHATULISTIWA
Maret 18, 2024, 21:42 WIB
Last Updated 2024-03-18T14:42:13Z
KalbarTrending

Sambut Kedatangan Presiden, Pemuda Sekadau Sampaikan Harapan

Advertisement

Albertus Wawan

PENA KHATULISTIWA (SEKADAU) - Rencana agenda kedatangan Presiden Joko Widodo ke Kabupaten Sekadau yang dijadwalkan pada 20 Maret 2024 (tentatif) diharapkan menjadi momentum bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi langsung.


Salah satu pemuda asal Desa Merbang Kecamatan Belitang Hilir, Albertus Wawan berharap agar Presiden bersedia mengunjungi pasar rakyat serta penyeberangan Sekadau-Seberang Kapuas.


"Kami sebagai warga seberang yang mengandalkan transportasi sungai sangat berharap agar bapak Presiden melihat kondisi penyeberangan saat ini," ujar Wawan, (18/3).


Ketika sudah melihat langsung, Wawan mengharapkan agar Presiden terketuk hatinya untuk membangun jembatan sungai Kapuas yang menghubungkan kota Sekadau dengan wilayah seberang sungai kapuas yang cukup luas. Serta tak kalah pentingnya melihat kehidupan masyarakat dan infrastruktur jalan.


"Karena yang mengandalkan transportasi sungai ini masyarakat luas. Mulai dari tujuh desa di Kecamatan Sekadau Hilir, hingga tiga kecamatan di daerah tiga Belitang. Bahkan tembus dengan perbatasan kabupaten Sanggau dan Sintang," tutur Wawan.


Dengan dibangunnya jembatan, maka akses transportasi dan perekonomian masyarakat diyakini akan semakin membaik. Sebab, sebagian besar masyarakat mengandalkan hasil pertanian dan perkebunan seperti padi, sayur-sayuran, kelapa sawit dan lainnya.


Begitu pula jika ada masyarakat yang mengalami sakit akan lebih mudah dam cepat menuju ke fasilitas kesehatan.


"Akses barang dan jasa lebih mudah. Saya sangat yakin daerah seberang akan maju lebih cepat," ucap Wawan.


Di sisi lain, masyarakat yang bekerja sebagai penyedia jasa penyeberangan dapat diberdayakan agar tak kehilangan sumber pencaharian.


"Misalnya difasilitasi sarana UMKM agar mereka punya sumber penghasilan yang baru. Sehingga ada win-win solution untuk semua elemen masyarakat," saran Wawan.*


Red