Februari 26, 2024, 14:39 WIB
Last Updated 2024-02-26T07:39:13Z

Pj Bupati Oku Tinjau Baksos Operasi Bibir Sumbing RSUD Batu Raja

Advertisement

 


Penakhatulistiwa.id (OKU) - Kegiatan bakti sosial yang digelar Pemerintah Kabupaten OKU melalui RSUD Ibnu Sutowo Baturaja bekerja sama dengan yayasan Ummi Romlah dan Smile Train yang di ikuti oleh 12 pasien penderita bibir sumbing. 


Kegiatan itu dipimpin langsung oleh ketua Yayasan Ummi Romlah sekaligus dokter yang melakukan operasi Dr. Iqmal Perlianta, SpBP.RE, Subsp, K.K.(K) beserta timnya, Direktur RSUD Ibnu Sutowo Baturaja dr Rynna Dyana Rahman MKM dan dr Dody Numirsyah Sp.B , sabtu (24-02 -2024). 


Pejabat Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah SSTP. MM. MPd di dampingi Sekda OKU Darmawan Irianto S. SOS. MM, Asisten III H. Romson Fitri SH. MH serta Kepala Dinas Kesehatan OKU Deddy Wijaya SKM. M. Kes, langsung meninjau ke ruangan operasi. 


Beliau mengatakan "Alhamdulillah hari ini, kita dibantu oleh Yayasan Ummi Romlah dan Smile Train serta di fasilitasi oleh Direktur RSUD Ibnu Sutowo Baturaja dr. Rynna Dyana Rahman MKM beserta jajarannya guna melaksanakan kegiatan bakti sosial operasi bibir sumbing secara gratis ( tanpa di pungut biaya),"


Giat merupakan bentuk kepedulian kita melalui kolaborasi dan sinergi bersama yang berdampak positif bagi masyarakat, dari data Kementrian kesehatan jumlah pasien bibir sumbing dalam pertahun mencapai 7500 orang, jumlah nya lumayan bayak,  dengan kalaborasi dan sinergi bersama kita dapat meringankan beban masyarakat terutama keluarga yang kurang mampu yang anak, keluarganya yang terkena kelainan bibir sumbing serta langit - langit mulut tidak normal ( bawaan lahir  ) . 


Pejabat Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah SSTP. MM. MPd mewakili Pemerintah Kabupaten OKU mengucapkan banyak terima kasih kepada Yayasan Ummi Romlah Smile Train dan RSUD Ibnu Sutowo Baturaja yang telah menyelenggarakan kegiatan bakti sosial ini dan berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan agar dapat membantu masyarakat khususnya masyarakat yang kurang mampu. 


Dr. Iqmal Perlianta SpBP. RE, subsp, K. K ( K) mengatakan, kegiatan ini di ikuti 12 pasien yang akan di operasi dan 10 pasien yang melakukan kontrol karena mereka sudah pernah operasi, rata - rata pasien yang di operasi adalah anak - anak berusia 3 bulan sampai 17 tahuntahun,  dalam kegiatan ini kami memberikan cinderamata berupa bingkisan dan bantuan kepada pasien operasi bibir sumbing untuk keluarga kurang mampu. 


Dr. Rynna Dyana  Rahman MKM Direktur RSUD Ibnu Sutowo Baturaja menambahkan, kami dari team penyelenggara menyediakan sesemua logistik yang ada sehingga setiap pasien yang datang bisa di lakukan tindakan operasi secara gratis serta jika ada pasien yang bertempat tinggal dari luar daerah ( pelosok desa)  yang ingin operasi bibir sumbing, Pemerintah Kabupaten OKU bersama team siap membantu. 


Melalui berita ini, Pejabat Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah SSTP. MM. MPd mewakili Pemerintah Kabupaten OKU Provinsi Sumatera Selatan banyak mengucapkan Terima kasih kepada seluruh team yang terlibat demi sukses nya acara ini karena menjadikan masa depan pasien penderita bibir sumbing lebih ceria paska operasi. 


Edison.